Pangdam XIV Hasanuddin : Nama Hasanuddin Identik Jiwa Pahlawan

Pangdam XIV Hasanuddin
Pangdam XIV Hasanuddin

LIPUTAN8.COM, Makassar – Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin resmi berubah nama, setelah diresmikan oleh Kepal Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI, Jenderal TNI Mulyono di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (12/4/2017) pagi tadi.

Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, mengungkapkan, nama Hasanuddin sangat identik dengan jiwa pahlawan dengan motto setia hingga akhir. Dengan terbaginya wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra masuk kedalam wilayah Kodam XIV Hasanuddin, maka bagian Utara yang terdiri dari Sulut, Sulteng dan Gorontalo masuk dalam jajaran Kodam Merdeka.

“Ancaman sekarang bersifat Nirmiliter, ancaman yang bersifat ideologi, politik, ekonomi dan sebagainya. Tentunya akan lebih efektif dengan pembagian wilayah pada dua Kodam tersebut,” jelas Agus SB.

Ditambahkan Pangdam, pihak Kodam XIV Hasanuddin sendiri akan membangun satu Brigade di Parepare pasca pemindahan Korem Taroada Tarogau ke Mamuju.

“Ini untuk menutupi kekosongan satu Brigade di Kodam XIV Hasanuddin,” pungkasnya.

Selain meresmikan nama Kodam XIV Hasanuddin, para tamu undangan juga disuguhkan drama teatrikal tentang perjuangan Sultan Hasanuddin saat memperjuangkan kemerdekaan dan aksi terjun payung oleh 17 pasukan TNI. (Bur)