Makassar-Denpasar Jalin Kerjasama, Danny: 4 Sektor Sangat Kompetitif

LIPUTAN8.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menandatangani kesepakatan, tentang kerja sama jaringan lintas perkotaan, di Graha Sewaka Dharma, Denpasar, rABU (8/3/2017).

Kesepakatan tersebut mencakup empat bidang. Diantaranya pariwisata, kebudayaan, koperasi dan UMKM/IKM, serta perindustrian dan perdagangan. Selama 12 bulan, kedua kota akan melakukan penjajakan potensi masing-masing.

Hubungan kerja sama dan persahabatan antara Denpasar dan Makassar telah berlangsung sejak abad XVII silam. Keterikatan sejarah antara keduanya membuat Danny yakin, jika kesepakatan ini bisa berlanjut hingga menguntungkan keduanya.

“Denpasar sangat kompetitif di empat bidang yang akan kita kerjasamakan. Harapannya, kesepakatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga di kedua kota,” sebut Danny.

Diketahui, sektor utama penggerak ekonomi Denpasar bertumpu pada pariwisata yang disokong dengan koperasi, UMKM/IKM, perindustrian, dan perdagangan. Sementara kebudayaan menjadi magnet utama dalam menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Danny mengakui, momok terbesar kota-kota metropolitan sekelas Makassar dan Denpasar terletak pada masalah kemiskinan dan pengangguran. Jika kedua masalah itu dapat teratasi, maka sebagian besar tugas pemerintahan telah terjawab.

“Kemiskinan dan pengangguran adalah dua masalah yang lahir dari urbanisasi. Makassar dan Denpasar merupakan dua kota metropolitan yang menjadi magnet bagi pendatang untuk mengadu nasib,” pungkas Danny. (liputan8)