DPRD Sulsel Setujui Pembiayaan SPAM

LIPUTAN8.COM — DPRD Sulsel menyetujui dilaksanakannya proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mamminasata yang memang sudah lama dirancang.

Persetujuan itu diberikan melalui Rapat Paripurna yang digelar di DPRD Sulsel, dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Pemprov Sulsel dengan DPRD. Persetujuan itu menjadi lampu hijau jika proyek SPAM bakal diback up oleh APBD Provinsi Sulsel.

Menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (DSDACKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, proyek SPAM itu diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp1,2 triliun bersumber dari APBN, APBD Sulsel, APBD kabupaten/kota yang terkait kawasan Mamminasata, dan pinjaman lunak (loan).

Jika prosesnya berjalan lancar, diperkirakan akhir tahun ini sudah jalan.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang mengatakan bahwa secara umum Kawasan Mamminasata yang merupakan pintu gerbang Provinsi Sulawesi Selatan bahkan Indonesia bagian Timur,  sebagaimana  tercantum pada peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kawasan Perkotaan Mamminasata.

Agus AN juga mengatakan bahwa kawasan perkotaan Mamminasata adalah kawasan perkotaan yang mencakup seluruh wilayah Kota Makassar, sebagian wilayah Kabupaten Maros, sebagian wilayah Gowa dan seluruh wilayah Kabupaten Takalar dengan total luas wilayah 2473 kilometer persegi dengan total jumlah penduduk kurang lebih 2 juta jiwa.

Dia berharap, kehadiran SPAM nantinya akan menopang kebutuhan air minum di kawasan Mamminasata. (mri)