518 Perwira Pelayaran Niaga PIP Makassar Dilantik

LIPUTAN8.COM — Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan, Wahyu Satrio Utomo melantik dan mewisuda sedikitnya 581 Perwira Pelayaran Niaga Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Jumat (24/2/2017).

Sebanyak 581 Perwira Pelayaran Niaga yang dilantik di lapangan Upacara Kampus baru PIP di jalan Salodong Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Makassar. Mereka yang dilantik adalah 223 orang program Diploma IV, 68 orang Program Diklat Pelaut I (DP I ), 107 orang Program Diklat Pelaut II (DP II) dan 183 orang program Diklat Pelaut III (DP III).

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelum dilantik sebagai seorang Perwira Pelayaran Niaga maka perlu diingat bahwa sebutan perwira pelayaran niaga yang sudara peroleh dengan perjuangan dan membutuhkan pengorbanan merupakan legalitas yang memiliki makna dan nilai moral yang harus melekat dalam perjalanan karir saudara.

“Untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengatasi tantangan dan merebut pasar global, penerapan ketentuan dan kebijakan pemerintah serta penerapan konvensi internasional merupakan hal yang mutlak dan harus dilaksanakan sebagai jaminan bahwa mutu lulusan mampu memenuhi kualifikasi nasional dan internasional ” Kata Wahyu.

Sementara, Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar Ahmad Wahid menyampaikan bahwa PIP Makassar telah mengimplementasikan Konvensi Internasional dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sebagai respon strategis untuk menjawab kebutuhan pasar nasional dan internasional masa depan dan trend perkembangan dalam bidang transportasi.

IMG-20170224-WA0100

Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi industri transportasi dan animo masyarakat yang setiap tahun mengalami peningkatan kuantitas untuk melanjutkan pendidikan dan pelatihan transportasi maka langkah-langkah pembenahan tata kelola dan SDM dalam pelayanan terus ditingkatkan kualitasnya, Papar Wahid.

Pantauan dilapangan diakhiri kegiatan ditetapkan sebagai Wisudawan terbaik untuk Program Diploma IV Pelayaran masing-masing Andri Dimas Porwanto (Prodi Nautika) dan Aditya Anjas (Prodi Teknika) dan untuk Program Diklat Pelaut I,II dan III masing-masing ditetapkan Aidil Fit (ANT-I), Akhmad Harahap (ATT-I), Emilia Amin (ANT-II), Yohanis Senga (ATT-II), Muhammad Kasim (ANT-III) dan Amal Muammar (ATT-III). (Bur)