BMKG Ingatkan Gelombang 1 Meter Melanda Selat Makassar

LIPUTAN8.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, mengingatkan masyarakat untuk tidak beraktifitas di laut, khususnya untuk nelayan. Mengingat, beberapa hari ke depan gelombang tinggi yang mencapai 1 meter bakal terjadi di Selat Makassar.

“Gelombang 1.25-2.5 meter berpotensi terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulsel, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Selayar, dan laut Flores,” ujar Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV, Sujarwo, Minggu (12/2/2017).

Sementara untuk daerah yang akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan terjadi dibeberapa daerah seperti Makale, Rantpao dan Belopa.

“Waspada hujan sedang-lebat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Makale, Rantepao, Belopa, Palopo, Masamba, dan Malili,” ungkapnya.

Namun, secara umum beberapa daerah juga tidak diguyur hujan lebat disertai angin kencang, termasuk Makassar yang hanya berpotensi hujan ringan.

“Umumnya berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Parepare, Sidenreng, Sengkang, Enrekang, Takalar, Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Selayar, Soppeng, dan Watampone,” tutupnya. (rk/liputan8)