Dinas Perumahan dan Permukiman Makassar Jalin Kerjasama ADB

LIPUTAN8.COM – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkot Makassar bersama Tim Monas Univercity Australia dan Konsultan Asian Development Bank (ADB) memasuki tingkat pembahasan terkait pola penyelesaian Slum Area ( Kawasan Kumu) yang ada di Kota Makassar.

fahturrDiketahui dalam beberapa pekan ini, Tim MUA dan ADB bersama jajaran Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Makassar sudah melakukan peninjauan beberapa titik Slum Area ( kawasan kumuh) di Kota Makassar.

Kadis DPKP Makassar Ir. Fathur Rahim didampingi oleh DR. Ikhsan dari Unhas dan REI melakukan pembahasan terkait pola penyelesaian Slum Area bersama Tim Monas Univercity Australia dan Konsultan ADB.

“Hari ini kita masuk ke tingkat pembahasan Slum Area, materi pembahasan awal terkait strategi penyelesaian kawasan kumuh, beberapa titik yang sudah di verifikasi memiliki karateristik yang berbeda, oleh karena itu strategi di setiap titik penanganan tentu berbeda “, Kata Fathur Rahim.

Selain strategi penanganan, pola sebaran lokasi rumah murah kita terkonsentrasi pada wilayah pinggiran, mengingat harga lahan pada kawasan tersebut masih relatif terjangkau.

Sementara itu DR. Ikhsan mengatakan bahwa semua pola yang akan di terapkan nanti mengacu kepada karakteristik pada masing – masing lingkungan kumuh, yang intinya kita fokus untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dalam pembahasan tersebut turut hadir dari REI, Ir. Irfan Mone, kehadiran REI dalam pembahasan tersebut untuk lebih mempertajam lagi kiat – kita perumahan, untuk bersama – sama melaksanakan penyediaan perumahan bagi MBR di Kota Makassar.

” diskusi ini rencananya akan terus berlangsung tiap minggu dan akan ditindak lanjuti dengan pembentukan POKJA Perumahan Permukiman, guna memanilisir backlog serta kemudahan dalam pemenuhan penyediaan perumahan bagi MBR,”jelas Fathur Rahim putra mantan pendiri NU Sulsel almarhum KH Abdurrahmn itu. (liputan8)