Barcelona Pesta ke Gawang Athletic Bilbao

LIPUTAN8.COM – Barcelona berhasil memastikan poin penuh usai menang besar atas tamunya Athletic Bilbao dengan skor telak 3-0 dalam lanjutan jornada 21 La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (5/2) malam wib. Gol kemenangan Blaurgana dipersembahkan oleh Paco Alcacaer (18), Lionel Messi (40) dan Alex Vidal (67).

Tampil di depan publik sendiri, Barcelona langsung tancap gas. Tambakan pertama pun dicatatakan Neymar kala laga baru dua menit berjalan. Sayang, bola melebar di sisi kanan gawang Athletic Bilbao.

Tim tamu langsung membalas seminit kemudian. Sepakan keras Raul Garcia hanya menggetarkan tiang gawang Barca. Permaian Spartan yang diterapkan Athletic ternyata cukup membuat repot pasukan Catalonia.

Terbukti, menit 12, tim tamu kembali nyaris unggul lebih dulu melalui Inaki Williams yang menyundul umpan silang. Sayang, bola masih melebar.

Enam menit berselang, Barca berhasil memecah kebuntuan sekaligus menjadi gol pertama Paco Alcacer di laga pertamanya di 2017 ini. Menerima umpan assist Neymar, Alcacer langsung menceploskan bola yang tak dapat dihadang Gorka Iraizoz. GOL! 1-0 Barca memimpin.

Meski tertingal, Athteltic masih terus memberikan perlawanan keras. Mereka juga beberapa kali mencatatkan peluang. Seperti Ander Iturraspe di menit 23 melalui ekesekusi tendangan bebasnya yang hanya tipis di atas mistar gawang Barca.

Atau percobaan Raul Garcia di menit 29 yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mampu dihentikan oleh Marc-Andre ter Stegen.

Justru Barca yang mampu menggandakan kedudukan di menit 40 melalui megabintangnya, Lionel Messi yang lagi-lagi melalui sepakan bebas yang cukup brilian.

Meski La Pulga mengarakan bola ke tengah gawang, tapi sudah cukup untuk membuat Iraizoz tak berdaya dan memaksanya memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Neymar nyaris mencatatkan namanya di papan skor di menit 43. Dengan solo run dan melewati sejumlah pemain bertahan lawan, ia melepaskan tembakan yang sayangnya sedikit melebar ke kanan gawang.

Memasuki babak kedua, Barca melakukan pergantian pemain, Gerrard Pique ditarik keluar digantikan Javier Macherano yang sekaligus menandai tak menurunnya agresifitas Barca dalam membombardir pertahanan Athletic.

Peluang pertama di paruh kedua pun dicatatkan Rafinha di menit 49. Sebuah umpan silang disambutnya dengan sundulan keras. Sayang, bola masih belum menemui sasaran dan melebar ke kanan gawang.

Athletic pun merespon dengan manarik keluar Lekue yang digantikan oleh Aritz Aduriz. Sementara Rafinha terpaksa ditarik keluar karena tak mampu melanjutkan laga akibat cedera dan digantikan Ivan Rakitic.

Secara mengejutkan, Lionel Messi pun ditarik keluar Luis Enrique di menit 64 dan digantikan oleh Sergi Roberto. Meski begitu, serangan Barca tak sedikitpun mengendur.

Bahkan, publik Camp Nou kembali bergemuruh untuk ketiga kalinya setelah Aleix Vidal yang menusuk ke dalam kotak penalti untuk merobek jala Athletic. GOL! 3-0 untuk Barcelona!

Neymar kembali nyaris membuat skor berubah menjadi 4-0 jika saja sepakannya tak dihadang Iraizoz di menit 72. Penyelamatan yang gemilang!

Rakitic pun demikian. Sambaran bola rebond di menit 89 gagal dimaksimalkannya menjadi gol karena bola melambung di atas mistar gawang.

Dengan kemenangan ini, untuk sementara jarak poin dengan Real Madrid di puncak klasemen terpangkas hanya menjadi satu poin saja. Sementara El Real baru akan berlaga besok Minggu (6/2) dan memiliki satu laga simpanan untuk dimainkan. (ruh/ps/liputan8)