Konsep Pedestrian Kota ala Danny Pomanto Menuju Makassar Kota Dunia

LIPUTAN8.COM – Pedestrian atau ruang publik untuk untuk pejalan kaki di tengah kota merupakan salah satu program Walikota Makassar Danny Pomanto. Bahkan, secara khusus orang nomor satu di kota ini membuat konsep pedestrian ditata dengan suasana wisata.

Kini, konsep ruang atau jalur pejalan kaki segera rampung. Menurut Danny, pedestrian suatu ruang lingkup kota merupakan sebagian dari wajah suatu kota itu tertata dengan konsep-konsep dan tata ruang yang apik menuju Makassar kota dunia.

Pedestrian, kata Danny, adalah fasilitas bagi pejalan kaki termasuk disiapkan tempat duduk. Dengan demikian pejalan kaki dapat menggunakan jalur ini dengan aman, nyaman, dan menikmati keindahan kasawan Pantai Losari Makassar.

“Kalau berjalan kaki Selain juga sehat, dengan berjalan kaki maka akan mengurangi polusi,”ujar Danny Pomanto.

Ia mengatakan beberapa kota besar yang dikunjunginya, konsep pedestrian dibuat senyaman dan aman. Karena pedestrian bagian dari elemen pembentuk fisik sebuah kota. Sebuah kota yang hidup bila warganya bisa menikmati ruang ruang terbuka kota.

Pedestrian mutlak ada di perkotaan, desa, atau kawasan tertentu. Hal ini kata Danny, tentunya dengan jarak jangkau yang tepat, tidak terlalu jauh. Jarak tempuh yang tidak masuk akal, membuat pengguna malas untuk berjalan kaki. Apalagi jika pedestrian tidak nyaman.

Pedestrian yang nyaman cukup rindang, banyak pohon di tanam sepanjang pedestrian, dan tidak terdapat elemen fisik yang tidak membahayakan, seperti lubang, polisi tidur, dan lain lain.

Lebih jauh dijelaskan Danny, orientasi pedestrian untuk memudahkan pengguna. Yang tidak kalah penting, pedestrian memiliki lebar yang cukup, supaya pejalan kaki merasa nyaman menggunakannya.

Pedestrian juga dapat untuk mengarahkan pejalan kaki pada beberapa obyek wisata yang dimiliki Makassar seperti Benteng Fort Rotterdam.

“Pedestrian termasuk ruangan publik milik publik dan digunakan oleh umum, dan termasuk outdoor public space,”kata Walikota ahli arsitek itu.

Laporan: Aco/liputan8