Banner-DPRD
Hukum Kriminal

TEGAS!! Imigrasi Makassar Tangkap 13 WNA Ilegal Terancam Dipidana

imm

Ilustrasi

LIPUTAN8.COM – Sebanyak 13 Warga Negara Asing (WNA) tertangkap, saat masuk ke Makassar tanpa mengantongi izin yang sah. Mereka ditangkap oleh aparat Imigrasi Wilayah Makassar dianggap masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal.

Mereka yang terjaring operasi tersebut dianggap telah melanggar undang-undang tentang keimigrasian. Mereka  terancam di deportasi, selain itu juga mereka terancam akan dikenakan sangsi pidana.

Kepala kantor Imigrasi klas I Makassar, Haspion Irman mengatakan untuk tahun 2016. Ada 13 WNA yang berhasil ditangkap, karena melakukan pelanggaran masuk secara ilegal.

Mereka adalah WNA asal India sebanyak 6 orang dan 7 orang lainnya berasal dari negara Bangladesh.

“Kita telah melakukan penahanan terhadap 13 WNA ilegal tersebut dan sekarang sementara masih berproses hukum,” tegas Haspion Irman, Selasa (10/01/2017).

Haspion menuturkan WNA ilegal tersebut kini kasusnya telah diserahkan ke pihak Kejaksaan. Untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

Haspion menyebutkan rata-rata pelanggaran yang dilakukan ke 13 WNA ilegal tersebut, antara lain ialah masuk secara ilegal, masuk menggunakan Kartu Izin Tinggal Palsu (KITAS) dan penyalahgunaan izin tinggal.

“Jadi kami tinggal menunggu saja hasil dari proses hukumnya saja,” tandasnya.

Apakah mereka hanya diberi sangsi deportasi atau diberi sangsi pidana. Menurut dia itu semua tergantung apa putusan dari pengadilan nanti.(ker/liputan8)

To Top