Gubernur Syahrul YL Kecewa dengan PLN Sulselrabar Soal Ini…

LIPUTAN8.COM – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo merasa kecewa dengan sikap PLN Wilayah Sulselrabar terkait pemadaman bergilir yang membuat warga Sulsel resah. Gubernur dua periode itu mengaku telah mendapatkan laporan terkait seringnya pemadaman listrik di Sulawesi Selatan oleh PLN.

Sesuai laporan yang ia terima, pemadaman ini terjadi akibat kerusakan pada sumber listrik yang ada di Kabupaten Jeneponto.

“Saya dapat laporan dari GM (general manager) PLN. Jadi ada kerusakan pada sumber listrik yang ada di Jeneponto. Kurang lebih 200 Megawatt. Terpaksa dari energi lain yang harus ditarik. Nah ini juga berproses sambil di sana (Jeneponto) diperbaiki,” ungkap Syahrul, Senin (9/1/2016).

Ia menjelaskan, penyabab terjadinya kerusakan di Jeneponto adalah dari bahan bakar batu bara yang basah. Batu bara tersebut kemudian menempel di turbin pembangkit.

Hal inilah yang menyebabkan terjadi kerusakan. Sementara ini, lanjutnya, perbaikannya sedang dikerjakan secara serius. Meskipun begitu, hal ini tentu saja berakibat pada kondisi listrik secara keseluruhan, terlebih di Makassar.

“Saya sudah minta PLN berusaha mendesak perbaikan di Jeneponto. Agar segera bisa dibenahi,” tegasnya.

Diketahui, Sulsel memiliki cadangan tenaga listrik yang cukup besar. Namun, Syahrul mengatakan, untuk mengalihkan energi tersebut juga membutuhkan waktu. Pengalihan tersebut kini masih berproses.

“Tidak bisa satu dua hari langsung bisa dialihkan, dia berproses juga sambil yang rusak juga diperbaiki. Ini masalah teknis,” pungkasnya. (liputan8/rk)