Camat Wajo: Ubah Mindset Masyarakat, Sampah Adalah Uang

LIPUTAN8.COM – Masyarakat harus mengubah mindset bahwa sampah bukan lagi hal yang bau dan menjijikan. Namun, sampah juga bisa menghasilkan uang dan mendatangkan berkah bagi masyarakat dengan memanfaatkan keberadaan bank sampah.

Demikian dikatakan Camat Wajo, Ansar Kalam pada rapat koordinasi Lurah, Kasi dan pengelola bank sampah se kecamatan Wajo beberapa waktu lalu.

“Sekarang kita harus ubah mindset kita kalau sampah itu uang. Ubah itu mindset kalau sampah itu bau atau jijik. Ayo para lurah dan pengelola bank sampah juga dorong masyarakat agar mempunyai mindset sampah bisa mendatangkan berkah,” ujarnya.

Menurut Ansar, bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke Bank Sampah Sektoral (BSS). Bank sampah ini dikelola menggunakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas.

Penyetor atau nasabahnya adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank sampah itu berada, serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank. Sudah ada beberapa hasil dari olahan bank sampah ini, dari sampah plastik-plastik yang sudah dikumpulkan dibuat menjadi barang bernilai seperti tas, dompet dan beberapa pernak-pernik lainnya.

“Maksud dan tujuan diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk menyamakan persepsi dan mengajak semua elemen masyarakat C untuk aktif berpartisipasi dalam menyukseskan program bank sampah di kecamatan Wajo,” terangnya. (Aco/liputan8)