None: Seluruh Guru Honorer SMA/SMK di Sulsel Akan Divalidasi

LIPUTAN8.COM – Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan melaksanakan validasi seluruh guru honorer di 24 kabupaten/kota se Sulsel. Hal ini menyusul pengalihan pengelolaan SMA/SMK dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, saat ini pihaknya masih akan melakukan validasi data guru honorer dengan melihat kemampuan yang dimiliki para guru honorer tersebut.

“Kita lagi validasi yang mana sebenarnya yang benar-benar guru honorer, karena mereka ini ada bermacam-macam. Ada yang di SK-kan Bupati, Kepala Dinas, Kepala Sekolah, bahkan ada yang mengangkat dirinya sendiri menjadi guru honorer. Ini yang perlu benar-benar kita pilah,” ungkap None sapaan Irman YL.

Di satu sisi, kata dia, pihaknya mengakui bahwa guru honorer itu penting. Akan tetapi, harus dilihat terlebih dahulu mana yang betul-betul mengajar.

“Karena tidak bisa juga kita asal mengangkat orang jadi guru. Kalau cuma membaca dan menyampaikan itu ke siswa, semua orang juga bisa. Yang kita inginkan itu yang memang betul-betul menguasai,” tuturnya. (liputan8/RD/INT)