Dishut Sulsel Lindungi 200 Ribu Hektare Hutan Tanaman Rakyat

Kadis Kehutanan Sulsel Syukri Mattinetta

LIPUTAN8.COM – Jajaran Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sulsel intens melindungi Hutan Tanaman Rakyat (HTR) yang tersebar di 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan (Sulsel). Saat ini tercatat sebanyak 200 ribu hektare lahan HTR yang menjadi prioritas pemerintah Provinsi Suslel.

Kepala Dishut Sulsel Andi Syukri Mattinetta mengatakan bahwa HTR tersebut sangat penting untuk menopang perekonomian masyarakat. Terutama untuk memberikan masyarakat kesempatan mengelola hutan sebagai pemegang izin.

Menurut dia, lahan HTR yang dimiliki Sulsel sangat produktif dan tentunya harus intens dilindungi oleh masyarakat setempat.

“Jadi, HTR yang terluas berada di Kabupaten Bone. Untuk itu, kami harapkan partisipasi masyarakat dalam melindungi lahan HTR itu dari pelaku-pelaku perambah hutan atau illegal logging,”tegas Syukri Mattinetta kepada liputan8.com, Rabu (16/11/2016).

Dia juga menjelaskan bahwa imbauan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya agar Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dapat menjadi solusi konflik kawasan hutan yang kerap terjadi. Dengan HTR, masyarakat dapat ikut mengelola hutan sebagai pemegang izin. (liputan8)