Banner-DPRD
Opini

OPINI: Ini 5 Poin Agar Negara Tetap Utuh

aswar hasan

LIPUTAN8.COM – Manuver Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara mendadak dan berentetan mengunjungi markas TNI dan Polri dalam keadaan pasukan siaga, melahirkan tanda tanya bahwa apakah negara dalam keadaan genting?

Sehingga kumpulan anak muda di Makassar yang tergabung dalam group Accarita menggelar diskusi bertema pesan damai untuk negeri. Maka dalam pada itu, saya sebagai salah satu pembicara mengetengahkan 5 poin penting jika negara ini tetap utuh dan damai, yaitu:

1. Harus ada rasa keadilan dalam setiap putusan hukum, khususnya pada kasus Ahok maupun pada kasus lainya yang terkait kepentingan publik.

Hukum tidak boleh lembek pada kawan politisi atau teman seiring dalam kekuasaan, tetapi keras dan tegas terhadap lawan politik.

2. Harus ada jaminan keamanan dan perlindungan kepada setiap warga negara tanpa pilih kasih.

3. Pemerintah harus menunjukkan keseriusannya dan kepeduliannya dalam megurus kepentingan dan kebutuhan rakyat.

4. media harus independen dan tetap profesional dan proporsional dalam setiap pemberitaannya. Dan harus bisa membedakan antara kepentingan pemilik/pemodal dan kepentingan publik.

5. Tokoh, cendekiawan dan agamawan harus mengedepankan kepentingan moralitas publik demi harmoni sosial di dalam berbangsa dan bernegara

(Penulis: Aswar Hasan)

To Top