SYL Harap Walikota Danny Tertibkan PK-5 di GOR Sudiang

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassar Danny Pomanto memperhatikan karya foto wartawan liputan8.com iqbal regge dalam rangka pameran foto dan lomba foto Seribu Wajah SYL dan sekaligus peringatan Milad SYL ke -61 Gubernur SulSel di Trans Studio Mall Makassar, Rabu (16/3/2016). DOK/liputan8

LIPUTAN8.COM – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap kepada Walikota Makassar Danny Pomanto agar menertibkan pedagang kaki lima (PK-5) di kawasan gedung olah raga (GOR) Sudiang. Namun, penertiban lapak-lapak PK-5 itu harus berjalan aman tanpa ada masalah dengan mereka.

Menurut SYL sapaan Syahrul Yasin Limpo hal itu dilakukan agar mendorong event internasional yang digelar di GOR Sudiang dengan penataan PK-5 yang tidak terkesan tidak tertib.

“Saya berharap (GOR) dapat berfungsi lebih maksimal. Kita berharap pak wali kota, camat dan lurah setempat bisa memberikan perhatian untuk itu,” ungkapnya, Senin (7/11/2016).

Ia menambahkan, lapak-lapak PK5 ini semestinya sudah diperingatkan oleh pemerintah setempat sejak awal. Sebelum terlanjur menjamur yang jumlahnya sudah mencapai 108 lapak saat ini.

“Kalau ada satu warung di pinggir jalan tidak legal, besok jadi tiga, tiga dibiarkan ketemu lima, lima ketemu tujuh. Kalau sudah terlanjur banyak gak bisa digusur lagi. Maka, dari satu aja harus sudah di-warning, bahwa ini tidak sesuai. Apalagi tiga harus ada langkah yang pasti,” tegas Syahrul.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Muhlis yang telah menemui perwakilan PK5 mengatakan, mereka tidak keberatan untuk pindah. Hanya saja mereka minta keringanan waktu.

“Bahwa jika suatu saat lahan itu akan dipakai maka mereka siap untuk pindah. Hanya mereka minta diberikan waktu, dengan pertimbangan biayanya,” ujarnya. (liputan8/rk)