Danny Segera Bentuk Panitia Lelang Sekkot, Ibe Pensiun Juli 2017

Walikota Makassar Danny Pomanto. DOK

LIPUTAN8.COM – Pemkot Makassar melalui Walikota Makassar Danny Pomanto akan segera membentuk panitian lelang jabatan Sekretaris Kota Daerah Makassar.

Dimana Ibrahim Saleh yang disapa Ibe akan memasuki masa bakti pada akhir Juli 2017 mendatang. Pada lelang jabatan PNS golongan tertinggi itu akan melibatkan Pemprov Sulsel sebagai mekanisme dan proses lelang tersebut.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Makassar, Basri Rachman. Kata dia, itu berdasarkan surat Gubernur nomor 800/3380/BKD tanggal 11 Juli 2016, tentang perihal ketentuan pelaksanaan pengisian jabatan sekretaris daerah kabupaten/kota yang lowong.

“Kalau pejabatnya akan pensiun, itu dapat dilakukan seleksi persiapan pengganti 6 bulan sebelumnya. ya awal tahun boleh. Inikan barang mutlak,” katanya.

Meski demikian, menurutnya, bukan berarti Sekda Makassar langsung diganti. Itu harus melalui proses lelang jabatan terbuka yang bisa ikuti oleh seluruh pegawai negeri sipil (PNS) bersyarat. Baik lingkup Pemkot Makassar, Pemprov Sulsel, bahkan dapat diikuti oleh pegawai lintas provinsi.

“Yah itu tergantung keinginan pimpinan. Kalau pak wali memperkenankan memberi kesempatan, bisa saja pak sekda menjabat sampai pensiun. Tetapi, sekda yang mau pensiun diperbolehkan untuk dilelang enam bulan sebelum pensiun,” ujar Basri.

Basri menjelaskan, berdasarkan surat gubernur nomor 800/3380/BKD,ketentuan pelaksanaan pengisian jabatan sekda kabupaten kota yang lowong wajib dilaporkan ke gubernur tentang rencana pelaksanaan seleksinya. Serta, susunan pansel harus terdiri dari satu orang pejabat eselon II dari Pemprov Sulsel.”Semua pejabat eselon II B yang berpangkat IV c bersyarat bisa ikut seleksi calon sekda,” tambah Basri. (liputan8)