Ketua DPRD Manggarai Barat Belajar Bank Sampah di Tallo

Ketua DPRD Manggarai Barat, Blasius Jasemun didampingi Camat Tallo, Zainal A.Takko melihat proses penimbangan sampah di BSS Kecamatan Tallo Jalan Ade Irma Nasution, Makassar, Senin (31/10).

LIPUTAN8.COM — Ketua DPRD Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Blasius Jasemun melakukan kunjungan kerja di kecamatan Tallo.

Selain sistem pelayanan terpadu, Ketua DPRD Manggarai Barat, Blasius juga melihat langsung proses pengelolaan Bank Sampah Sektoral (BSS) di Kantor Kecamatan Tallo Jalan Ade Irma Nasution No.2 Makassar.

Pada kesempatan itu, Blasius yang juga Ketua Kesenian dan Kerajinan NTT menyempatkan mengunjungi beberapa lorong garden (Longgar) di kelurahan Ujung Pandang Baru.

Menurut Blasius, BSS Kecamatan Tallo ini patut dicontoh dan diterpkan di Manggarai. Alasannya, BSS Tallo memiliki sistem pengeloaan sampah yang cukup bagus dan profesional.

“Saya kesini khusus untuk melihat bank sampah kecamatan Tallo. Saya tahu ini dari media sosial, bahwa di Tallo memiliki program bank sampah berbasis masyarakat,” kata Blasius sat kunjungannya di lokasi BSS Tallo, Senin (31/10/2016).

Dijelaskannya, bank sampah ini banyak manfaatnya, elain mengurangi volume sampah, juga menambah penghasilan warga.

“Selama ini saya hanya dengar cerita dari orang, dan mengikuti medsos. Saya penasaran, makanya saya datang langsung melihat bank sampah di daerah ini,” cetusnya.

Dia menambahkan, bank sampah Tallo memang dikelola secara profesional. Bagaimana tidak, pengelola bank sampah-nya adalah orang terlatih. Begitupula administrasinya, sangat lengkap dan tertib.

“Bulan depan kami mau membawa rombongan Pemkot Manggarai Barat ke Tallo. Kami mau memperlihatkan pengelolaan bank sampah yang baik di kecamatan Tallo,” pungkasnya.

Kedatangan Ketua DPRD Manggarai Barat tersebut disambut antusias pemerintah setempat. Selain Camat, para lurah, pengelola BSS dan staf kantor kecamatan Tallo menyambut baik Ketua DPRD Mangharai Barat.(*)

 

 

 

 

 

Penulis :Akbar Ilyas
Editor :Andy