Panglima TNI : Pemimpin TNI Melalui Pendidikan Sesko Angkatan

LIPUTAN8.COM — Suatu kebanggaan bagi saya bisa bertatap muka dengan kandidat pemimpin di TNI, karena tidak ada satu pun pemimpin di TNI yang tidak melalui pendidikan Sesko Angkatan. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memberikan pembekalan kepada 129 Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Pasis Seskoau) Angkatan ke-53 Tahun 2016 di Aula Seskoau, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/10/2016).

Lebih lanjut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa, pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara dilakukan melalui seleksi yang ketat dan terukur. “Para perwira siswa yang mengikuti pendidikan Seskoau adalah orang yang beruntung, karena tidak semua perwira TNI AU bisa mengikuti pendidikan ini,” tuturnya.

Panglima TNI mengharapkan, para Perwira lulusan Seskoau memiliki integritas, moral, intelektual dan profesional, serta dapat menghasilkan kajian-kajian untuk perkembangan dan kemajuan TNI AU kedepan secara lebih nyata. “Kalian harus berprinsip, berbuatlah yang terbaik hanya untuk negara dan bangsa Indonesia dengan tulus dan ikhlas,” ucapnya.

“Selamat belajar dan berjuang, tugas kalian masih panjang, kalian disini untuk belajar, dan berlatih untuk memimpin agar bisa menjadi pemimpin yang abadi, seperti Jenderal Soedirman,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa, hari ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana dari semua perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan sampai mengisi kemerdekaan sangat ditentukan pada tanggal 28 Oktober 1928. “Bangsa Indonesia adalah bangsa kumpulan dari para patriot, dan berjiwa gotong royong yang selalu saling membantu,” jelasnya.

Mengakhiri pembekalannya, Panglima TNI menyampaikan bahwa, dalam organisasi apapun juga dan selama itu masih dalam wilayah NKRI, maka soliditas yang harus di utamakan. “Jangan egosentris karena apabila kita egosentris, maka itulah modal bagi orang luar untuk memecah belah kita, karena kebersamaan itu adalah kekuatan,” tegasnya.

Pendidikan Seskoau Angkatan ke-53 Tahun 2016 yang berlangsung sejak tanggal 19 Januari s.d 17 November 2016, diikuti 129 Pasis terdiri dari 120 Pasis TNI-AU, 2 (dua) Pasis TNI-AD, 2 (dua) Pasis TNI-AL dan 5 (lima) Pasis Mancanegara, masing-masing dari Australia, Amerika Serikat, India, Malaysia dan Singapura.

Sementara itu, guna mengaplikasikan berbagai ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh selama pendidikan, para Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-53 telah melaksanakan event akademis berupa Seminar Nasional di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Aspers Penglima TNI Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos, M.M., Aster Panglima TNI Mayjen TNI Wiyarto, S.Sos., M.Si., Askomlek Panglima TNI Marsda TNI Bonar H. Hutagaol, Danseskoau Marsda TNI Dedi N. Komara, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra, dan Kapuspen TNI Brigjen TNI Wuryanto, S.Sos. (*)