Intensitas Hujan Ringan, BPBD Tetap Waspada

LIPUTAN8.com – Prakiraan cuaca Kota Makassar minggu ini diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Hujan diperkirakan terjadi pada siang, sore dan malam hari.

“Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, minggu ini diperkirakan hujan akan turun dengan intensitas antara 30-50 mm. Hujan terjadi pada siang, sore dan malam hari dengan intensitas hujan sedang pada umumnya” kata Yunus Said selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar.

Kota Makassar yang sementara mengalami proses peralihan dari musim kemarau ke musim hujan perlu waspada. Kondisi cuaca seperti ini biasanya diperkirakan akan ekstreem dan rawan terhadap bencana.

“Musim peralihan itulah yang perlu diwaspadai, perlu antisipasi dan kesiapan dalam upaya pencegahan dini bencana” katanya.

Lanjut Yunus, hujan yang menguyur sejak Minggu sore (9/10) hingga malam hari mengakibatkan sebagian daerah di wilayah kota Makassar tergenang air.

“Berdasarkan pantauan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD hingga tadi malam, beberapa wilayah di Makassar tergenang air mencapai lutut hingga pinggang orang dewasa” kata Yunus di ruang kerjanya, Senin (10/10/16).

Pantauan di wilayah Kecamatan Tallo, Ujung Tanah, Rappocini, Manggala dan Panakkukang, air sudah naik ke permukaan jalan dan mengakibatkan beberapa wilayah dan ruas jalan tergenang air.

“Di Kecamatan Tallo, genangan air sudah naik hingga 30 sentimeter. Wilayah yang tergenang terlihat di kelurahan Pattingalloang, Tallo, Panampu dan Kaluku Bodoa” ungkapnya.

Di wilayah Kecamatan Ujung Tanah, jalan Nusantara tidak luput dari genangan air. Wilayah Rappocini juga ada beberapa titik genangan.

Untuk wilayah Kecamatan Panakukang, air sudah naik ke jalan raya seperti di sepanjang jalan AP Pettarani dan di jalan Urip Sumiharjo depan kantor Gubernur Sulsel. Di wilayah Kecamatan Manggala, genangan air sudah mencapai 50-100 centimeter atau diatas betis orang dewasa.

BPBD Kota Makassar sebelumnya sudah melansir ada enam dari 14 kecamatan di Makassar rawan terkena dampak banjir hingga menimbulkan genangan air.

“Daerah yang patut diwaspadai dan merupakan daerah langganan banjir seperti kompleks Swadaya, kompleks Kodam III, Perumahan Perumnas Antang Blok 8 dan 10, Perkampungan Romang Tangayya, Perumahan BTP Blok AE dan AF dan di belakang Kompleks IDI” katanya.

Lanjut Yunus, BPBD sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat dan Posko Siaga PB untuk mengantisipasi curah hujan dengan intensitas tinggi di Makassar.

“Tim TRC dan Posko PB selalu siaga 1×24 Jam, peralatan seperti mobil rescue, perahu karet, perahu amfibi, mobil dapur umum, tenda pengungsi dan kebutuhan logistik sudah kita siapkan di posko” kata Yunus Said yang juga mantan Kadis Sosial Makassar.(lpt8)