Camat Syamsul Bahri Targetkan Semua RW Punya Bank Sampah

Camat Bontoala Syamsul Bahri
LIPUTAN8.COM — Pada tahun 2017 semua Rukun Warga (RW) di Kecamatan Bontoala harus memiliki bank sampah sendiri. Hal ini disampaikan Camat Bontoala, Syamsul Bahri saat memberi motivasi kepada 15 pengelola bank sampah perwakilan dari kelurahan se kecamatan Bontoala.
“Saya tegaskan bahwa pada tahun 2017 nanti, harus ada bank sampah di setiap RW di Bontoala. Bank sampah di setiap RW merupakan sebuah keharusan,” tegas Syamsul.
Dia menambahkan sampah yang semula merupakan barang yang tidak bernilai apabila dikelola dengan baik melalui bank sampah akan menjadi nilai ekonomi yang sangat tinggi.
Namun, menurutnya bukan saja nilai ekonomi yang yang dikejar tetapi pengelolaan sampah yang baik akan meningkatkan taraf hidup kesehatan manusia.
Dia berharap para pengelola bank sampah yang ada disetiap kelurahan dapat memotivasi kepada warga lainnya agar mengembangkan bank sampah dilingkungannya.
“Pengelola bank sampah harus menularkan virus positif kepada masyarakat demi mewujudkan Makassar dua kali tambah baik lagi,” tandasnya.
“Target kita tahun 2017, bank sampah sebanyak jumlah RW. Bisa saja di setiap RW akan ada lebih dari satu bank sampah yang dikelola warga. Namun, pengelolaannya berbasis RW,” ucapnya.
Meskipun berbasis RW, Camat berharap setiap wilayah bisa mengembangkan pengelolaannya di tingkat RT, Karang Taruna atau PKK.
Ada beberapa manfaat dari kegiatan mengelola bank sampah, antara lain dari aspek sosial, ekonomis, pendidikan. Dari aspek sosial, akan bekerjasama dengan pihak ketiga yakni pengepul, maka dirinya berharap suatu saat akan ada tulisan “Pemulung dilarang masuk, tetapi Pengepul disilahkan masuk”.
Sedangkan aspek ekonomis, diharapkan proses memilah dan menabung sampah ini akan menghasilkan dalam bentuk lain yakni value (nilai) ekonomi tinggi.
Syamsul menambahkan kegiatan bank sampah ini akan sedikit mengurangi permasalahan sampah yang dihadapi selama ini. Karena menurutnya pergerakan sampah di kecamatan Bontoala semakin hari semakin besar. (Liputan8)