Dinkes Makassar Sosialisasikan Integrasi Jamkesda ke JKN

Kepala Dinkes Makassar Naisyiah T Azikin.

LIPUTAN8.COM – Keputusan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang peleburan tersebut.

Kepala Dinkes Makassar Naisyiah T Azikin menjelaskan sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahan kepada masyarakat sebagai peserta dalam penyelenggaraan Jamkesda yang masuk ke dalam program JKN.

“Per tanggal 1 Februari kemarin, program Jamkesda sudah terintegrasi dengan program JKN. Ini kita sosialisasi untuk peserta Jamkesda di 3 Kecamatan Mamajang, Tamalate, Tamalanrea dengan 300 perserta,” ujarnya saat ditemui di Hotel Anugrah Jalan Boulevard Makassar, Kamis (4/8/2016).

Berdasarkan data Dinkes Makassar untuk peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sebanyak 330.678 orang, sementara untuk kuota peserta JKN untuk Kota Makassar sebesar 174.000 orang. Sedangkan saat ini yang terdaftar sebanyak 141.001 orang, masih ada kekurang sebanyak 32.999 orang.

“Untuk peralihan, kita siapkan Rp 48 miliar ungkapnya. Meski Jamkesda sudah dilebur kedalam program JKN, masyarakat tetap bisa menikmati pelayanan kesehatan di Puskesmas. Untuk peralihan ini, Kita masih tetap anggarkan. Tapi masyarakat miskin yang belum punya KIS, kita minta untuk segera mendaftar di loket kemiskinan di Kantor Dinas Sosial Makassar agar bisa di data,” sebutnya.

Ia berharap akhir tahun ini seluruh masyarakat miskin sudah terdata dan terdaftar sebagai peserta JKN. (acax/liputan8)