14 Pelajar Keluar Negeri Ikut Program AFS

ilustrasi

LIPUTAN8.COM — Sebanyak 14 pelajar dari berbagai sekolah di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ikut program pertukaran pelajar AFS.

Para pelajar yang rata-rata duduk di kelas 3 SMA itu akan bersekolah selama setahun di beberapa negara. Masing-masing dua ke Italia, satu ke Argentina, satu Swiss, satu Swedia, dan sisanya ke Amerika.

Ketua Chapter Yayasan Bina Antar Budaya Makassar, DR. Eng Ilham Alimuddin, ST, MGIS menjelaskan, para pelajar yang terpilih ikut dalam program pertukaran pelajar itu akan bersekolah di negara-negara tujuan sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan serta keunggulan di Indonesia.

“Mereka terpilih melalui tahapan seleksi yang sangat ketat. Rencananya mereka berangkat pekan ini,” ungkap Ilham disela-sela pelepasan para pelajar ke negara tujuan yang berlangsung di Hotel Fave.

Dia mengemukakan, tujuan program untuk membawa misi pendidikan dan kebudayaan serta mencetak pemimpin masa depan. Ada tiga tahapan seleksi yang harus diikut para peminat program AFS ini. Diantaranya tes tertulis, wawancara tentang kepribadian dan seleksi interaksi kelompok.

“Setelah lulus hasilnya dikirim ke Jakarta untuk seleksi lebih lanjut,” ungkapnya. (mri/ant/liputan8)