JK Bagi Tips Sukses ke Saudagar Bugis-Makassar

Wakil Presiden Jusuf Kalla. INT

LIPUTAN8.COM – Pertemuan Saudagar Bugis Makassar kembali di helat. Event yang mempertemukan saudagar atau pengusaha sukses asal Sulsel dari seluruh penjuru tanah air itu, memasuki tahun ke-16.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka kegiatan yang dihadiri ratusan saudagar Bugis Makassar bertempat di Hotel Novotel Makassar, Senin (25/7/2016). Wapres mengemukakan, event ini harus digunakan sebagai ajang silaturrahmi para saudagar dan pengusaha Bugis Makassar yang ada di perantauan.

Selain itu, juga menjadi ajang berbagi pengalaman untuk sukses. JK dihadapan ratusan peserta PSBM berbagi trik sukses. Menurut JK yang juga seorang pengusaha terkenal itu, suatu negara hanya bisa maju jika ada enterpreneurnya.

Jiwa enterpreneur harus lahir dari para pengusaha. Dan untuk menjadi seorang enterpreneur sukses, modal utama yang harus dimiliki adalah semangat.

“Kalau mau sukses berusaha, harus punya semangat. Karena semangat yan menciptakan kerja keras, kreatifitas, dan keberanian,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kenapa banyak pengusaha Tionghoa yang sukses, itu karena semangat yang membara untuk maju. Padahal, pengusaha pribumi tidak kalah pintar.

“Pengusaha pribumi tidak kalah pintar dan kalah otak. Hanya semangat yang harus dijaga,” jelasnya.

Dia menegaskan, PSBM bukan sebuah agenda transaksional. Yang utama dalam pertemuan itu adalah bagaimana para pengusaha saling membagi strategi untuk bisa sukses.

Makanya, setiap kegiatan PSBM, selalu dihadirkan pengusaha-pengusaha sukses dari berbagai pelosok tanah air untuk berbagi tips. “Saya mau kegiatan ini jalan terus. Konsepnya jelas,” ungkapnya. (acax/mri/liputan8)