SAH!! Kota Makassar Punya Perda ASI Ekslusif, Ini Harapan DPRD

Ketua Pansus Ranperda ASI Ekslusif DPRD Kota Makassar, Yenni Rahman

LIPUTAN8.COM – Panitia Khusus Ranperda Kota Makassar tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif akhirnya resmi ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Makassar, Kamis (21/7/2016).

Ketua DPRD Kota Makassar Farouk M Betta saat menyerahkan salinan Ranperda ASI Eksekutif yang disahkan menjadi Perda pada rapat paripurna, Kamis (21/7/2016). Humas
Ketua DPRD Kota Makassar Farouk M Betta saat menyerahkan salinan Ranperda ASI Eksekutif yang disahkan menjadi Perda pada rapat paripurna, Kamis (21/7/2016). Humas

Ketua Pansus Ranperda ASI Ekslusif, Yenni Rahman (F-PKS) dalam Laporan Akhir Pansus saat Paripurna mengatakan bahwa, lahirnya Perda ASI Eksekutif merupakan dukungan dan partisipasi oleh jajaran Pemerintah Kota Makassar, Kementerian Hukum dan HAM Perwakilan Sulawesi Selatan, para stakeholder serta Akademisi atas kerjasama dalam rangka penyempurnaan naskah Ranperda ASI ekslusif tersebut.

Diharapkan Pemerintah Kota Makassar betul-betul memperhatikan implementasi dari Perda ASI itu. Misalnya memfasilitasi Ruang Laktasi disetiap Instansi Pemerintah maupun Pihak Swasta dan Pemerintah Kota mendesak dunia usaha dan industri penyelenggara tempat kerja dan sarana umum untuk segera menyediakan Ruang Laktasi.

“DPRD Makassar juga meminta kepada Pemerintah Kota agar segera membuat Perwali atas Perda tentang ASI Ekslusif dan sosialisasi Peraturan Daerah tentang ASI Ekslusif dilakukan secara berkesinambungan,”ujar Yenny. Lahirnya Perda ini merupakan kado terindah di Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2016 mendatang. (acax/liputan8)