SELAMAT!! Ini Dia Enam Daerah di Sulsel Raih Piala Adipura 2016

Piala Adipura

LIPUTAN8.COM – Kendati belum diumumkan secara resmi, daerah peraih piala Adipura sudah diketahui. Untuk Sulawesi Selatan, ada enam daerah yang meraih piala tersebut. Diantaranya Kota Makassar, Parepare, Kabupaten Pinrang, Bulukumba, Bantaeng, dan Maros.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sulsel A Hasbi Nur menjelaskan, penyerahan piala bergengsi di bidang lingkungan hidup itu rencananya akan diserahkan pada 22 Juli mendatang pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat nasional yang dipusatkan di Provinsi Riau. Dibanding tahun lalu, kata Hasbi, penerima Adipura tahun ini berkurang.

“Tahun lalu ada tujuh. Sementara sekarang hanya enam,” ungkapnya. Itu disebabkan karena kriteria yang harus dipenuhi kabupaten/kota semakin tinggi. Selain itu, kepala daerah atau wakil kepala daerah yang masuk nominasi Adipura harus melakulan presentase di Kementerian Lingkungan Hidup.

Khusus untuk Kota Makassar, salah satu yang menjadi kelebihan ibukota Sulsel itu hingga meraih Adipura adalah sistem pengelolaan bank sampahnya yang sangat bagus dan konsisten dijalankan. Berbeda dengan sejumlah kota metropolitan lainnya yang ada di Indonesia.

“Kalau di daerah lain, pengelolaan bank sampahnya banyak yang mati,” ungkap Hasbi. Yang menjadi unggulan lain Makassar adalah penataan lorong garden begitu asri dan apik. Malah, diperlombakan. Itu juga menjadi poin yang bisa membantu Makassar meraih adipura. Namun, bukan berarti Makassar tidak memiliki kelemahan. (acax/mri/liputan8)