WAH!! Dinsos Makassar: Memberi Uang kepada Pengemis Akan Disanksi

Ilustrasi. Anak jalanan sedang mengemis di jalan raya.

LIPUTAN8.COM – Salah satu faktor penyebab menjamurnya pengemis di Kota Makassar disebabkan oleh adanya masyarakat yang masih memberikan sejumlah uang kepada para pengemis di tempat tertentu.

Padahal, para pengemis yang tersebar disejumlah titik kebanyakan hanyalah modus seperti dengan melipat lututnya kemudian mengikatnya sehingga kelihatan tidak memiliki kaki alais terpotong.

Nah, untuk mencegah adanya pengemis itu maka salah satu cara yang dinilai sangat tepat adalah dengan tidak memberi sejumlah uang dengan alasan apapun.

Pertegas hal itu, Dinas Sosial Sosial sebagai leading sektor menangani hal tersebut berencana untuk membuat peraturan daerah (Perda), dimana perda tersebut mengenai penanganan pengemis khususnya pemberian sanksi kepada orang yang memberikan uang kepada pengemis.

” Saya mau usulkan Perda bagaimana agar tidak ada lagi yang memberikan uang kepada pengemis. Kalau tidak adami lagi yang memberikan uang kepada pengemis maka tidak adami lagi pengemis,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Makassae, Mukhtar Tahir.

Dia mencontohkan seperti penggunan jalan yang memberikan uang kepada pengemis maka akan di tilang. ” Pengguna jalan akan ditilang,” lanjutnya. (acax/liputan8)