Timsus Polda Ringkus 4 Pemuda Pengedar dan Pembuat Uang Palsu

Polisi mengamankan barang bukti yang digunakan komplotan pelaku untuk mencetak uang palsu.

LIPUTAN8.COM — Tim Khusus (Timsus) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) mengamankan 4 orang pemuda di Kelurahan Kalukuang, Kabupaten Jeneponto, pada Selasa (21/6/2016) sekira pukul 07.00 Wita,Pagi tadi .

Mereka adalah Andika (25), seorang pegawai percetakan, Arfan alias Appang (23) Seorang pekerja wiraswasta, Hairun Alfi Syahlan (23) seorang Mahasiswa, dan Hendra (28) seorang montir di sebuah bengkel. Keempatnya diamankan tanpa perlawanan dan langsung digelandang ke Posko Timsus untuk dimintai keterangan.

“Keempatnya diamankan di kediaman Andika di Jeneponto pagi tadi, mereka diamankan tanpa perlawanan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat di konfirmasi sesaat lalu.

Barung menjelaskan bahwa keempat pemuda komplotan pembuat dan pengedar uang palsu ini tergolong pemain baru, pasalnya dari hasil interogasi sementara terhadap pelaku mereka mengakui baru melakukan aksinya pada Jumat (17/6/2016) lalu.

“Meski demikian mereka sudah berhasil mengedarkan uang palsu sebesar Rp. 7,5 juta, dengan cara membeli sebuah Handphone bekas merek Samsung S6 Edge,” terangnya

Bersama tersangka, Anggota kepolisian berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa sebuah Printer laser yang digunakan untuk mencetak uang palsu, 1 Rim kertas, 5 buah handphone dan 73 lembar uang uang palsu pecahan Rp. 50 ribu.

“Pelaku dan barang bukti telah diamankan untuk proses penyidikan dan pengembangan,” pungkas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera. (Bur/ant/liputan8)