Ini Janji KPPU Turunkan Harga Daging jadi Rp80 Ribu

Ketua KPPU Syarkawi Rauf

LIPUTAN8.COM – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) optimistis harga daging sapi di Sulsel bisa di angka Rp 80 ribu, sesuai harapan Pemerintah Pusat. Namun, hal itu tentu tidak bisa dicapai dalam jangka pendek.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf, mengatakan, apa yang diinginkan pemerintah pusat agar harga daging sapi Rp 80 ribu per kilogram bisa dicapai di Sulsel. Hal itu berdasarkan pertemuan dengan asosiasi pedagang daging sapi yang dilakukan tiga minggu sebelum Ramadan.

“Mereka menyampaikan harga daging sapi di Sulsel dalam situasi normal Rp 90 ribu per kilogram,” kata Syarkawi, di sela-sela penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemprov Sulsel dengan KPPU dalam rangka peningkatan pemahaman pelaksanaan undang-undang terkait larangan monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di Sulsel, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, Senin (13/6/2016).

Menurut Syarkawi, jika sapi-sapi tersebut berasal dari kabupaten, tentunya harus ada insentif untuk transportasi dan tidak ada retribusi atau pungutan lain, maka harga daging sapi yang diinginkan Presiden Jokowi bisa Rp 80 ribu per kilogram.

“Daging sapi di Sulsel bisa menjadi patokan. Karena seolah-olah di Jawa, khususnya Jakarta, harga daging sapi dibawah Rp 100 ribu pedagangnya rugi. Sehingga, ini bisa jadi catatan tersendiri bagi pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengemukakan Sulsel selama ini Sulsel menjadi provinsi yang bisa memenuhi kebutuhannya akan daging sapi.

“Berbeda dengan provinsi lain yang kebutuhan daging sapinya harus dipasok dari daerah lain,” ungkap Agus.
Dia optimistis harga daging sapi di Sulsel bisa turun hingga harga Rp80 ribu ke bawah sesuai harapan Presiden Joko Widodo. (acax/mri/liputan8)