BPBD Makassar Bantu Korban Kebakaran Rappocini

LIPUTAN8.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menyerahkan bantuan stimulan kepada korban kebakaran di Jalan Pelita Raya No 4 Lr 3, Kelurahan Balla Parang Kecamatan Rappocini Makassar, Rabu (08/06/2016). Bantuan yang diserahkan berupa balok dan seng.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Makassar, Yunus Said mengatakan, Tim assesment BPBD, baru kemarin merampungkan hasil identifikasi komponen yang rusak.

“Bantuan stimulan baru diserahkan hari ini. Bantuan stimulan berupa balok dan seng ini untuk membantu meringankan korban membangun kembali rumahnya yang ludes terbakar.

Lanjut Yunus, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.00 WITA, Minggu (5/6), mengakibatkan 14 rumah semi permanen ludes dilahap api dan 106 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Walikota Makassar sudah mengintruksikan kepada BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya untuk segera memberikan perbantuan kepada korban kebarakan.

“Korban kebakaran saat ini tinggal di tenda penampungan yang telah disiapkan oleh BPBD dan sebagian lagi mengungsi di rumah kerabatnya”, Kata Yunus yang juga mantan Kadis Sosial Kota Makassar.

Yunus menambahkan, BPBD sebelumnya sudah menyerahkan bantuan kepada korban berupa pemberian tenda darurat dan perlengkapan lainnya.

“BPBD sudah mendistribusikan bantuan berupa tenda darurat, hygine kit, family kit, sarung dan selimut”, katanya.

Saat ini, BPBD bersama Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan sudah membuka dapur umum dan posko kesehatan di lokasi kebakaran. (*)