Giat Operasi Patuh 2016, Polres Bantaeng Tilang 394 Pelanggar

LIPUTAN8.COM — Pelaksanaan Giat Operasi Patuh 2016 yang dilaksanakan secara serentak di Seluruh Polres di Indonesia yang digelar mulai dari tanggal 14-29 Mei 2016 telah berakhir. Selama 14 hari kegiatan ini Satuan Lalu Lintas Polres Bantaeng sedikitnya menilang 394 pengendara.

Kapolres Bantaeng, AKBP Kurniawan Affandi mengatakan, dari angka pelanggaran tersebut mengalami angka peningkatan sebanyak 96 persen atau sekitar 193 pelanggaran. Tercatat pada tahun 2015 tingkat pelanggaran berlalu-lintas yang ditilang sebanyak 201 pelanggar sedangkan untuk tahun 2016 sebanyak 394 kasus pelanggaran.

“Untuk tahun ini jumlahnya sangat mengejutkan, tingkat pelanggar naik sekitar 96 Persen,” kata Kurniawan, Senin (30/5/2016).

bantaeng1Sementara, Kasat Lantas Polres Bantaeng, IPTU Mustari Alam mengungkapkan dari data pelanggaran selama Operasi Patuh 2016 berlangsung sebanyak 40 kendaraan yang diamankan. Kendaraan yang terjaring didominasi oleh kendaraan roda dua terkait dengan kelengkapan surat-surat kendaraan dan penggunaan helm yang bukan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Untuk penindakan tilang sebanyak 394 dan teguran sebanyak 168 pelanggar,” kata Mustari Alam, saat dikonfirmasi via telpon selulernya, sesaat lalu.

Mustari Alam menambahkan,agar masyarakat dalam berkendaraan lalu lintas selalu mengutamakan kamseltibcar lantas serta melengkapi kendaraannya dengan surat surat kendaraan, terutama bagi para orang tua agar tidak gampang memberikan kebebasan kepada anaknya untuk menggunakan kendaraan apabila belum waktunya karena rawan terjadi pelanggaran. Pelanggaran lalu lintas adalah awal terjadinya laka lantas yang tentunya tidak kita inginkan.

Kami Jajaran Polres Bantaeng tidak bangga melakukan penindakan Lalulintas, tetapi kami akan sangat bangga apabila masyarakat pengguna jalan tertib berlalu-lintas demi terciptanya Kamseltibcar Lalu Lintas.

“Kepada masyarakat agar mengutamakan Kamseltibcar dan tentunya melengkapi surat-surat kendaraannya sebelum berkendara,” imbau Mustari. (Bur/nto/liputan8)

 

bantaeng2