SELAMAT! Danny Pomanto Raih Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016

Walikota Makassar Danny Pomanto saat menerima penghargaan

LIPUTAN8.COM – Untuk kesekian kalinya, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali dianugerahi penghargaan tertinggi nasional. Kali ini, Danny berhasil membawa Makassar sebagai peraih Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016.

Penghargaan 35 besar terbaik Indonesia ini diberikan kepada 3 Kementerian, 2 Lembaga, 8 Provinsi, 14 Kabupaten, serta 3 Badan Usaha Milik Negara/ Daerah. Dan hanya 4 kota yakni Makassar, Bandung, Balikpapan, dan Pontianak yang lolos yang dianggap memiliki inovasi terbaik di Indonesia.

“Alhamdulillah kita bersyukur atas masuknya Makassar menjadi top 35 inovasi pelayanan publik 2016 ini. Semoga terus menembus hingga top 9,” pungkas Danny.

Masuknya Makassar pada top 35 ini berkat inovasi pelayanan pada Dinas Kesehatan yakni Home Care, pelayanan kesehatan ke rumah 24 jam yang digagas Danny demi menjawab persoalan-persoalan kesehatan yang menjadi beban masyarakat utamanya ekonomi menengah ke bawah.

Hadirnya Home Care sebagai solusi kebuntuan persoalan kesehatan masyarakat di mana selain dapat memeriksakan kesehatan jantung dan kondisi janin ibu hamil, karena dilengkapi alat USG dan EKG berteknologi tinggi, pelayanan kesehatan gratis ini juga melayani warga selama 24 jam. Sehingga kapan pun di butuhkan, dengan cepat dokter yang bertugas akan segera mendatangi rumah warga (pasien) yang membutuhkan dengan cukup menghubungi call centrenya.

Fasilitas ini telah disediakan sebanyak 48 unit mobil dottoro’ta (home care) yang mampu mencover di 14 kecamatan dan 143 kelurahan se-kota Makassar. Karena itulah program ini cukup banyak menyita perhatian publik nasional. Bahkan sejumlah Kabinet Jokowi-JK melayangkan pujian atas inovasi ini. Home care (telemedicine) kemudian diadopsi menjadi program nasional dengan nama Telemedika Nusantara.

“Ke depan beberap program inovasi Pemkot Makassar akan lebih dimaksimalkan sehingga dapat menjadi terobosan yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan di seluruh wilayah di Indonesia,” pungkas Danny.

Penganugerahan penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) di hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (26/5/2016).

JK mengharapkan agar seluruh Apararur Sipil Negara lebih bekerja keras dalam menciptakan berbagai inovasi daerah di era otonomi daerah ini.

“Saya juga berharap agar PNS dapat menjadi perekat nasional dalam memberikan pengalaman pengalaman kerja di seluruh wilayah Indonesia,” paparnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan Tarian Tarek Pukat (Aceh) yg dibawakan oleh pemuda pemudi Aceh yang mencoba menyampaikan pesan bahwa “tidak ada yang lebih kuat dari kita kecuali kita bersama”. (acax/liputan8)

Walikota Makassar Danny Pomanto menerima penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016 didampingi Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar, Naisya Tun Azikin. IST
Walikota Makassar Danny Pomanto menerima penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016 didampingi Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar, Naisya Tun Azikin. IST