Mana Janji PLN Datangkan Mesin Genset di Daerah Ini…?

Ilustrasi PLN

LIPUTAN8.COM – Anggota Komisi III DPRD Luwu Timur Usman Sadik mengingatkan PLN Area Luwu Raya agar menepati janji dengan mendatangkan mesin genset berkapasitas 5 megawat (MW).

Hal itu dijanjikan pihak PLN saat Lutim masih dipimpin carateker Bupati Irman Yasin Limpo. Mesin itu akan didatangkan untuk mengatasi krisis listrik di Lutim.

Menurut Usman Sadik, PLN jangan lagi berbohong, mengingat janji itu disampaikan kepada penjabat bupati Lutim dan para anggota dewan. Usman meminta PLN segera mendatangkan genset, apalagi bulan depan akan memasuki bulan Ramadan.

Pemadaman yang masih berlangsung dinilai akan menganggu umat Islam di Lutim dalam beribadah.

“Kalau bisa sebelum Ramadan kondisi listrik stabil di Lutim. Terus terang saja kalau mati lampu lagi, pasti sumpah serapah yang keluar dari mulut pelanggan, inikan bisa merusak ibadah Puasa,” ujar Usman Sadik.

Dijelaskannya, kondisi listrik PLN di Lutim saat ini masih belum normal, malam maupun siang kerap terjadi pemadaman lampu, bahkan dalam satu malam terjadi pemadaman sampai tiga kali.

Kondisi ini sangat menjengkelkan, karena pelanggan tidak mendapat pelayanan memuaskan dari pihak PLN.
Sebelumnya, PLN sempat berjanji genset tersebut akan didatangkan pada bulan Mei ini, namun karena proses tendernya belum selesai sehingga PLN minta waktu hingga bulan Juni 2016 nanti.

Protes warga Lutim terhadap pemadaman tak kenal waktu ini sudah berkali-kali dilakukan, di Tomuni warga yang marah nekat memecahkan kaca kantor PLN.

Di Malili, Warga juga sempat dua kali mengepung kantor PLN Ranting Malili untuk menyandera Kepala Ranting.

Namun dari sekian aksi tersebut, PLN belum juga bisa menangani krisis daya di Lutim.

Jika mesin ini gagal didatangkan maka ada aksi serentak masyarakat Lutim untuk tidak membayar tarif listrik, “Ini sudah menjadi komitmen kita, sudah disosialisasikan ke seluruh desa, sisa menunggu keseriusan dari PLN saja,” ancamnya. (acax/liputan8/rky)