Eksploitasi Anak di Makassar Sangat Tinggi

LIPUTAN8.COM – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang minta Walikota Makassar serius memberantas eksploitasi anak di Kota Makassar.

Agus menilai eksploitasi anak di Kota Makassar masih sangat tinggi dan memerlukan perhatian khusus dari pemerintah Kota Makassar, khususnya Dinas Sosial Kota Makassar.

Menurut Agus, ini terbukti masih banyaknya anak-anak usia sekolah berkeliaran di jalan raya untuk mengemis. Bahkan hampir setiap posisi trafic light kita dapati anak usia sekolah mendekati kendaraan yang berhenti untuk meminta uang atau mengemis.

Bahkan menurut Mantan Ketua DPRD Sulsel itu menilai kalau pengemis cilik itu dikoordinir oleh oknum atau kelompok tertentu. Karena mereka (pengemis cilik) di drop dan di jemput di tempat mereka mengemis oleh oknum tertentu.

“Walikota Makassar dalam hal ini Dinas Kota Makassar harus turun tangan menangani masalah ini, kalau perlu langsung tangkap oknum yang mempekerjakan anak-anak di jalanan pada saat oknum itu mengantar atau menjemput para pengemis di jalan raya,” tegas Agus ketika membuka acara lokakarya Penguatan Peran Tokoh Agama dalam mempromosikan Kerja Layak bagi Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan penanggulangan Pekerja Rumah Tangga Anak (PRTA) di Hotel Remcy Panakukang Makassar, Rabu (4/5).

Agus menambahkan, usia anak-anak seperti itu harusnya diberi pendidikan sebagai bekal atau keterampilan dalam bekerja nantinya. Karena menurutnya kalau pekerja tidak memiliki pendidikan dan keterampilan yang memadai, akan digaji rendah dan bahkan digaji dengan tidak manusiawi. Tetapi apabila pekerja memiliki tingkat pendidikan dan keterampilan yang baik, maka nantinya akan menadapatkan gaji yang memadai. (mri/fma/liputan8)