Dinas PU Makassar Sosialisasi Air Limbah

LIPUTAN8.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Kota Makassar melakukan sosialisasi pembinaan penyedotan septik tenk individual. kegiatan ini dilakukan di Masjid Muhajrin Muhammadyah, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Selasa (19/4/2016)

Sosialisasi ini dihadiri warga setempat, Ketua ORW 5, ORT dan tokoh masyarakat serta majelis taklim Kelurahan Rappokalling.

Sosialisasi ini memaparkan langkah-langkah dalam pengololaan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Makassar dalam mengelola Tinja perkotaan yang diawali dari sosialisasi program.

Sosialisasi tersebut yaitu Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) berada di bawah Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Kota Makassar.

Staf Dinas PU, M. Rustam dalam paparannya mengatakan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Kota Makassar selama ini intens melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya Pengolahan air limbah domestik.

“Dimana pembuangan air limbah domestik berasal dari hasil kegiatan rumah tangga seperti dapur, kamar mandi dan tempat cuci (grey water) dan berasal dari WC (black water)”, ungkap Rustam

Senada dengan, Humas PU Kota Makassar, Hamka Darwis menjelaskan penampungan air limbah domestik tersebut diolah dalam suatu sarana tanki septik yg kedap air dan sesuai dengan standar SNI. Dalam periodik tertentu di lakukan penyedotan lumpur tinja secara berkala dengan menggunakan jasa penyedotan pemerintah dalam hal ini UPTD PAL.

“Dimana transportasi mobil penyedot tinja menujuk IPLT untuk diolah lebih lanjut dan pengolahan lumpur tinja IPLT tentunya sesuai dengan SOP,” tutupnya. (fma/liputan8)