BNNP Sulsel Curiga Peredaran Narkoba di Rutan Melibatkan Orang Dalam

LIPUTAN8.COM – Inspeksi Dadakan (Sidak) di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Makassar Jalan Sultan Alauddin oleh tim Gabungan dari Kanwil Kemenkumham, Polda Sulselbar, Denpom dan BNNP Sulsel berhasil menemukan sejumlah barang bukti narkoba milik warga binaan rutan tersebut.

Hal ini membuktikan, sampai saat ini peredaran narkoba di dalam rutan masih saja berjalan dengan alok. Kuat dugaan rantai perputaran narkoba ini terorganisir dengan rapi.

Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba, BNNP Sulsel, AKBP Rosnah Tombo mengatakan, melihat barang bukti yang diamankan dari operasi gabungan ini dalam rutan tetap ada peredaran narkoba yang ditemukan dari blok tahanan narkoba.

foto 2 foto 4

“Dari hasil operasi ini kita bisa liat bahwa peredaran narkoba di rutan masih ada yang notabenenya adalah tempat pembinaan ,” Kata Rosnah Tombo .

Dijelaskannya, langkah antisipasinya diserahkan sepenuhnya kepada Kakanwil Kemenhumkan Sulsel. Meski demikian kerja sama tetap akan dilaksanakan untuk sering-sering melakukan operasi di Rutan Klas I Makassar.

Adanya oknum petugas rutan yang terlibat dalam peredaran narkoba di dalam rutan, perwira dua bunga melati ini mengatakan, bisa saja terjadi. Hal ini, kata dia, bisa dilihat beberapa waktu lalu dua petugas rutan diamankan lantaran terbukti terlibat dalam peredaran narkoba.

“Bisa saja petugas di dalam terlibat dalam peredaran narkoba. Ini bisa kita lihat dari penangakapan petugas lapas dan rutan beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Operasi gabungan yang melibatkan sekitar 200 personel ini terbagi dalam dua tim untuk melakukan penyisiran di blok C1, C2 dan blok D khusus tahanan perempuan.

Dari hasil penyisiran, tim menemukan sedikitnya 50 HP berbagai merek, 16 buah bong atau alat isap sabu, tiga butir pil yang diduga ekstasi, 20 sachet sabu bungkusan kecil.

foto 3 foto 5

Diberitakan sebelumnya, tim gabungan Kanwil Kemenkumham, aparat kepolisian dari Polda Sulselbar dan jajarannya, Denpom dan BNNP Sulsel, dalam rangka Operasi Bersih Sindikat Narkoba (Bersinar) tahun 2016 melakukan Inspeksi dadakan di Rutan Kelas 1 Makassar, Jalan Sultan Alauddin.

Dalam Sidak yang berlangsung selama hampir tiga jam tersebut tim gabungan berhasil mengamankan barang yang tidak seharusnya ada dalam rutan. (bur/fma/liputan8)