Isu Mutasi Menguat, 2 Camat Diganti, 3 Bertukar Posisi

Logo Pemkot Makassar

LIPUTAN8.COM – Agenda mutasi jadi isu paling menonjol di Balaikota tengah pekan ini. Jadwal protokoler memastikan, jika tidak ada perubahan, mutasi pejabat eselon II dan III akan digelar Jumat pekan depan. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto mengisyaratkan merombak lebih dari 30-40 persen jabatan.

Bocoran terakhir siang tadi mengemuka lima nama sekcam yang digadang sebagai calon kuat untuk menempati dua posisi camat, Camat Tamalate dan Camat Panakkukang. Kelima sekcam tersebut masing-masing Sekcam Tamalanrea Aswin K Harun, Sekcam Biringkanaya Zulkifli Ananda, Sekcam Mariso Lutfi, Sekcam Rappocini Maharuddin dan Sekcam Wajo Harun.

Nah, siapa yang jadi pilihan Danny? “Yang jelas siapa yang terbaik. Pejabat dipilih berdasarkan kompetensi dan kebutuhan organisasi,” terang Danny.

Di Balaikota, nama Aswin K Harun (Sekcam Tamalanrea) paling menonjol. Ia Aswin kabarnya menjadi pesaing terberat untuk menempati posisi Camat Tamalate.

Selain Aswin, nama Maharuddin dan Harun juga diprediksi menjadi alternatif di posisi yang sama. Meski dua nama terakhir ini, kansnya dinilai sedikit lebih kecil dibanding Aswin.

Sementara itu, di Panakkukang, nama Sekcam Biringkanaya Zulkifli Ananda dinilai paling berpeluang. Zulkifli disebut selain jadi pilihan Danny, juga mendapat sokongan kuat dari parlemen.

“Pak Aswin cukup punya kans. Kapasitas beliau saya rasa memadai untuk jadi camat,” ungkap salah seorang pejabat tinggi di Pemkot Makassar.

Di posisi Camat Panakkukang, nama Sekcam Mariso Lutfi juga tidak kalah gemerlap. Ia diproyeksi menjadi penantang utama Zulkifli.

Tapi apapun itu, utak-atik ini masih hitungan di atas kertas. Menurut Danny, selain prospektif kinerja, calon camat juga seorang figur kuat yang memiliki kedekatan dengan masyarakat.

Seorang pejabat Balaikota menyebut, Danny sudah punya pilihan pakem sejak dua bulan lalu. Namun, perubahan bisa saja terjadi di saat-saat terakhir menjelang perombakan.

Ia juga memprediksi sama, dua posisi camat, yakni Camat Panakkukang dan Tamalate bakal direshuffle. Camat Panakkukang saat ini adalah Imran Mansyur. Imran termasuk salah satu pamong senior. Ia kemungkinan dimutasi menduduki jabatan eselon II.

Selanjutnya, Camat Tamalate Sofyan Jalil, tidak ada bocoran mengenai kelanjutan kariernya di pemerintahan. Bukan tidak mungkin, Sofyan akan naik ke eselon II atau bisa saja nonjob.

“Panakkukang dan Tamalate diganti. Ada juga tiga camat yang hanya bertukar posisi. Tapi belum tahu bocorannya siapa,” ujarnya.

Selain camat dan lurah, beberapa kepala SKPD juga masuk dalam daftar mutasi. Mereka adalah Sekretaris Dinas Pendidikan Ariati Puspasari Abadi, Kepala Dishub, Kadis Perumahan dan Gedung Agung Lahmuddin, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kadis Kebersihan Azis Hasan dan Kadis Koperasi dan UKM Gani Sirman.(liputan8)