WOW! Limbah Industri Rokok Disulap jadi Pestisida oleh Mahasiswa Ini…

Limbah rokok

LIPUTAN8.COM – Lewat penelitian intensif, Peneliti limbah rokok yang merupakan mahasiswa UII, Prodi Kimia UII, Indrasti Dwi Pujilestari manfaatkan limbah sisa tembakau untuk membantu petani tanaman cabai dalam menghadapi hama ulat grayak.

Ia menuturkan serangan hama ulat grayak seringkali menjadi momok bagi petani cabai karena sifatnya yang meluas dan merusak. Bahkan, penggunaan pestisida sintesis yang berkepanjangan berpotensi merusak keseimbangan ekosistem dan mencemari lingkungan.

“Selama ini, para petani masih mengandalkan penggunaan pestisida sintesis untuk membasmi hama tersebut,” ujarnya, Selasa (12/4/2016).

sehingga, Dwi bersama tiga rekannya yang berasal dari prodi yang sama yaitu Cahyati, Rizqy Nurlestar, dan Carlina. mengenalkan kembali pestisida alami ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi petani untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan aman dikonsumsi.

“Limbah yang kami manfaatkan berupa daun dan tangkai tembakau, di mana jumlahnya sangat melimpah. Kedua bagian itu jika diekstrak memiliki kandungan zat alkaloid nikotin yang tinggi. Itu sejenis neurotoksin yang sangat ampuh jika digunakan pada serangga,” kata Dwi.

Ia menjelaskan cara kerja pestisida alami ini adalah dengan mengganggu sistem saraf pusat serangga yang terpapar oleh zat nikotin. Meski demikian, residu dari pestisida ini akan lebih mudah terurai di alam sehingga tidak merusak lingkungan.(acax/liputan8/ps)