Walikota Makassar Wacanakan SMAN 19 Jadi Sekolah Alam

Walikota Makassar Danny Pomanto

LIPUTAN8.COM – Pentingnya kreativitas dan inovasi di dunia pendidikan membuat Wali kota Makassar, Ramdhan Pomanto berinisiatif untuk mengusung konsep sekolah alam pada beberapa sekolah menengah atas (SMA) di kota Makassar. Salah satu yang ditargetkan untuk mengusung konsep tersebut yakni SMA Negeri 19 Makassar, Kelurahan Nipa-Nipa, Kecamatan Manggala, Antang.

” SMAN 19 itu lokasinya sangat jauh dari pusat kota dan memungkinkan untuk disulap jadi sekolah alam,” kata Danny, belum lama ini. Adapun konsep sekolah alam yang bakal diusung Danny pada SMA 19 yakni, siswa siswi bisa belajar di luar gedung sekolah sembari menikmati suasana alam yang asri. Sekolah juga akan dilengkapi out bound dengan harapan seluruh siswa bisa mengasah kreativitas dan keterampilan mereka.

“Ini termasuk bagian dari revolusi pendidikan terkait program super student, yakni mengasah keterampilan siswa-siswi lewat ektrakulikuler. Dimana yang bisa mengikuti student adalah anak anak yang sudah ikut satu minggu outbond disana, “ujar Danny.

Anggota DPRD Makassar dari Komisi D Bidang Kesra, Musakkir Ali Jamil menuturkan, saat melakukan peninjauan UN di sejumlah sekolah, ia melihat beberapa sekolah sudah layak memiliki anak sekolah yang ditempatkan secara khusus di luar gedung sekolah sendiri. “Anak-anak belajar bukan hanya di dalam kelas, tapi juga di luar kelas agar mampu merangsang otak mereka,” kata Muda, sapaan akrab Musakkir.

Pada penerapan konsep tersebut, Muda mengaku akan menggunakan anggaran dana insentif daerah (DID). Sekira Rp 18 miliar anggaran DID akan disiapkan khusus untuk pembangunan infstruktur dan prasarana sekolah alam. “Kami akan bekerja sama dengan pemkot untuk merealisasikannya,”tukasnya.(riri/liputan8/rky)