Pilgub Sulsel 2018: Azikin Sholtan Bilang La Tinro Lebih Layak

La Tinro La Tunrung

LIPUTAN8.COM – Sejumlah lembaga survei dan konsultan politik pemenangan mulai menyiapkan instrumen untuk melakukan pendampingan serta ingin mengukur tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, jelang Pemilihan Gubernur 2018 mendatang.

“Teman teman lagi merampungkan instrumen sebelum melakukan survei di lapangan,”ujar seorang peneliti dari sebuah lembaga survei di Makassar, Irwan Ali, Senin (4/4/2016). Hal sama disampaikan Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia, Suwadi Idris Amir yang masih melakukan komunikasi dengan sejumlah kandidat. “Kita masih melakukan komunikasi, kalau sudah ada gambaran maka kita turun,”ujarnya.

Direktur eksekutif Celebes Recearch center (CRC) Herman Hezer juga siap, sepanjang sudah ada pesanan. “Kalau ada yang minta kami siap turun, namun hingga kini belum ada yang memesan,”jelas Herman kemarin. Demikian pula disampaikan peneliti Jaringan Suara Indonesia (JSI) Andi Irfan Jaya. “Belum ada hasil survei, kan pilgub juga masih lama,”tulis Irfan.

Terkait dukungan jelang Pilgub Sulsel 2018, mantan Bupati Bantaeng dua periode H Azikin Solthan mendorong dan mendukung mantan Bupati Enrekang dua periode La Tinro La Tunrung maju di Pilgub nanti.

Azikin yang juga anggota DPR RI ini menilai La Tinro yang tak lain adalah Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel lebih pas maju di Pilgub ketimbang dirinya. “Meskipun saya digadang sebagai calon Gubernur Sulsel, namun saya berpikir lebih pantas saudara H La Tinro La Tunrung saja sebagai calon. Pasalnya beliau ketua DPD Gerindra Sulsel dan sangat berhasil serta mampu,”ujar Azikin kemarin.

Pertemuan Azikin dengan La Tinro dalam acara pelantikan pengurus DPC dan PAC Partai Gerindra se Kabupaten Jeneponto serta Ultah ke 8 Gerindra. Acara tersebut turut dihadiri Bupati H Iksan Iskandar, Ketua DPC Partai Hanura Jeneponto yang juga Wabup H Mulyadi Mustamu, Ketua DPRD Jeneponto Muh Kasmin di Gedung Sipitangarri.

La Tinro juga menyampaikan terimakasihnya atas support yang diberikan Azikin untuk maju di Pilgub sekaligus mendeklarasikan Halal For Sulsel Haji Latinro La Tunrung milik kita semua. “Kalau di Jeneponto, pastimi saya menang karena saya orang jeneponto lantaran adikku kawin dengan adik Bupati Iksan
Iskandar.

Tentunya kedekatan tali persaudaraan yang dominan pilihan pasti orang jeneponto memilih saya karena Partai Gerindra basisnya di Jeneponto dibuktikan saat Prabowo Subianto menang di Pilpres lalu,”ujarnya.
Ketua DPC Gerindra Jeneponto H Paris Yasir menegaskan bila sebagai kader wajib membantu dan memenangkan calon Gerindra di Pilgub mendatang.(riri/liputan8)