Satgas Kebersihan Wajo Diajar Memilah Sampah

Para petugas kebersihan mengikuti sosialisasi kantong plastik sortir di Kantor Kecamatan Wajo, Kamis (31/3/2016).

LIPUTAN8.COM — Petugas kebersihan tidak serta merta bisa membuang dan mengangkut sampah. Mereka juga dituntut memahami cara membuang sampah dengan benar.

Untuk itu, seluruh anggota satgas kebersihan Kecamatan Wajo, Makassar dilatih cara mengangkut dan membuang sampah yang benar.

Pelatihan cara mengangkut dan membuang sampah tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Wajo, Jalan Sarappo, Makassar, Kamis (31/3/2016).

Ketua Yayasan Peduli Negeri (YPN) Makassar, Syaharuddin Ridwan mengatakan, semua petugas kebersihan harus paham cara membuang sampah. Mereka harus tahu yang mana sampah organik dan anorganik, dan tahu penempatan sampah kantong plastik pilah.

“Kita kan punya kantong plastik sampah sortir, pemanfaatan kantong plastik itulah yang harus dipahami teman-teman petugas sampah,” ujar Syharuddin.

“Sekarang tidak lagi asal mengangkut dan membuang sampah. Sortir atau pemilihan sampah harus dimulai dari rumah, kemudian oleh petugas sampah, hingga ke TPS. Sehingga volume sampah yang terbuang ke TPS bisa diminimalisir. Sampah yang tidak terbuang itu kita bawa ke bank sampah,” terangnya.

Sementara Camat Wajo, Ansar Kalam menuturkan, bahwa semua petugas kebersihan harus bisa memilah sampah. Tugas mereka bukan sekedar mengangkut dan membuang sampah.

“Kita harapkan mereka (Petugas kebersihan, red) betul-betul paham cara membuang dan memilah sampah,” kata Ansar Kalam. (nto/liputan8)

IMG_0564