2017, DKP3 Bangun Pasar Hewan

Hewan ternak yang sering berkeliaran di jalan membuat DKP3 berkeinginan membangun pasar hewan.

LIPUTAN8.COM – Banyaknya hewan ternak yang berkeliaran membuat Dinas Kehutan Peternakan, Pertanian dan Perkebunan (DKP3) Kota Makassar berkeinginan membangun pasar hewan. Rencananya, pasar hewan yang menelan dana Rp50 miliar dari APBN ini akan dibangun pada tahun 2017.

Kepala DKP3 Makassar, Rahman Bando menjelaskan, pembangunan fisik dari pasar ini akan dilakukan pada 2017. Nantinya pasar ini akan terintegrasi dengan memadupadukan berbagai unsur, pengelolaan, pembudidayaan dan penjualan.

“Kami lagi mengusulkan ke pusat ini, karena jika mengandalkan APBD ini cukup berat. Nanti ini akan dipadukan dengan RPH dan pasar ternak kemudian ada pengelolaan limbah ternaknya, pengolahan biogas, pupuk organik, ada Puskeswan dan sebagainya,” jelasnya.

Rahman menjelaskan, pasar tersebut akan dibangun dengan luas tanah 10 hektar. Untuk pembebasan lahannya sendiri telah dianggarkan pemkot Makassar.

“Kami membutuhkan kurang lebih 8-10 hektare, sekarang kami konsentrasi untuk pembebasan lahan tahun ini, nanti 2017 pembangunan fisik dimulai. Nantinya pasar hobi dan penjual hewan ternak di kota Makassar akan dipindahkan ke pasar hewan tersebut, sehingga tidak ada lagi di ruas jalan,”terangnya.

Lebih jauh, Rahman menyebutkan pihaknya akan merekrut dokter hewan, yang akan berjaga pada pasar hewan tersebut.

”Pasti kita butuh dokter hewan lagi, kami baru punya empat orang dokter hewan, saya punya harapan setiap kecamatan ada dokter hewan, 14 minimal, belum lagi yang harus standby di pasar ternaknya, harus ada minimal dua,” ujarnya. (fma/liputan8)