Warga: Saya Puas dengan Pelayanan Disdukcapil

Salah seorang warga saat mengisi formulir data kependudukan di Disdukcapil. Di sini warga mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kota Makassar.

LIPUTAN8.COM – Sejumlah warga mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar. Selain mudah, warga juga diberikan arahan untuk proses pengurusan administrasi.

Ikbal Aco, salah seorang warga Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate ditemui di Kantor Disdukcapil mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan. Menurut dia, selama berkas yang dibutuhkan lengkap, maka tidak sulit untuk berurusan dengan Disdukcapil.

“Kata siapa pelayanan di sini (Disdukcapi,red) susah?. Buktinya saya. Tidak ada kendala sedikitpun yang saya temui, karena kita memang diarahkan,” ujarnya siang tadi.

Lebih jauh, kata Ikbal, kedatangannya di Disdukcapil untuk mengurus pergantian data. Menurut dia, data yang tertera di Kartu Keluarga miliknya tidak sesuai.

“Mudah kok, saya lengkapi berkasnya kemudian sata setor. Tidak ada sepeserpun saya bayar,” tegasnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil, Nielma Palamba, SH, M.Ap menjelaskan, pelayanan yang diberikan di kantornya semata-mata untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Selama ini, kata dia, warga sering mengeluhkan tentang sulitnya mengurus di Disdukcapil.

“Sebenarnya tidak sulit. Selama data dan berkas yang kami butuhkan itu lengkap, maka akan kami proses,” jelasnya.

Lebih jauh, kata Nielma, untuk memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan, pihaknya meluncurkan program jemput bola. Program ini, jelas dia, merupakan salah satu program andalan Disdukcapil dalam membantu warga.

“Hari Selasa pekan depan kami akan jemput bola di Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate,” tutupnya. (wisnu/fma/liputan8)