Banner-DPRD
MetroMakassar

Kapolrestabes Makassar Kukuhkan Pengurus FKPM Laikang

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Kapolrestabes, Camat Biringkanaya, Andi Syahrum berpose bersama pengurus FKPM Laikang usai pelantikan, Sabtu (27/2/2016).

LIPUTAN8.COM – Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar Kombespol Rusdi Hartono mengukuhkan pengurus dan anggota Forum Kemitraan Perpolisan Masyarakat (FKPM) Laikang, Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Sabtu (27/2/2016).

Pengukuhan pengurus FKPM Laikang Periode 2016-2018 tersebut digelar di Kompleks Sekolah Menengah Keberbakatan Olahraga (Smangko) GOR Sudiang.

Pengukuhan FKPM tersebut dihadiri Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, Camat Biringkanaya, Andi Syahrum.SE.MSi, Kapolsek Biringkanaya, Babinsa dan Babinkantibmas se Kecamatan Biringkanaya dan sejumlah tokoh masyarakat Sudiang Raya. Turut hadir para Lurah, Ketua RW dan RT se Kelurahan Sudiang Raya.

Kapolrestabes dalam sambutannya mengatakan, FKPM merupakan bagian dari program Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Polri, khususnya yang ada di wilayah hukum Polrestabes Makassar.

“FKPM adalah mitra polisi yang difungsikan mencari solusi untuk memecahkan permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Jika ada persoalan ringan di masyarakat, tidak perlu dibawa ke kantor polisi tapi bisa diselesaikan oleh FKPM,” kata Rusdi Hartono usai melantik 86 pengurus/anggota FKPM Laikang.

Kepada anggota FKPM, Rusdi berpesan bahwa tugas dan wewenang FKPM yakni sebagai mitra polisi jadi jangan disalah artikan. Tetapi saling saling bekerjasama dalam mengatasi segala kejahatan di wilayah masing-masing.

FKPM menjadi mitra yang baik bagi kepolisian dan solusi terbaik bagi masyarakat. Karena, FKPM sudah bisa membantu polisi menyeselsaikan masalah pidana ringan yang terjadi di masyarakat.

“Dengan wadah ini FKPM bisa menyelesaikan permasalahan tingat sosial di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, wilayah hukum Kota Makassar ini cukup luas. Untuk itulah perlunya dibentuk FKPM yang bertujuan sebagai mitra kerja, karena perbandingan jumlah personel belum cukup ideal.

Terlebih, daerah di Kecamatan Biringkanaya ini, perkembangannya cukup pesat baik dari sisi perekonomian maupun infrastruktur. Sehingga tingkat kejahatannya pun cukup tinggi. Kejahatan-kejahatan yang telah ditangani yakni kejahatan konvensional seperti pencurian, penipuan dan penganiayaan.

“Namun demikian, secara umum situasi Kamtibmas di wilayah ini aman dan terkendali. Babinkamtibmas sangat berperan dalam menjaga cipta kondisi,” ujarnya. (lpt8/fma)

 

fkpm4

To Top