Ketua PKK Tamalanrea Ajak Warga Jadi Nasabah Bank Sampah

153
Ketua TP PKK Kecamatan Tamalanrea, Ny Harifa Kaharuddin memperlihatkan buku tabungan bank sampah pada kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Minggu (21/2/2016).

LIPUTAN8.COM – Ketua TP PKK Kecamatan Tamalanrea, Ny Harifah Kaharuddin mengajak seluruh warga Tamalanrea menjadi nasabah bank sampah. Menjadi bank sampah tentu akan menguntungkan warga, selain menambah penghasilan, juga mengurangi volume sampah rumah tangga.

Menurut Harifah, sampah umumnya hanya menjadi masalah. Namun dengan program bank sampah, ternyata limbah rumah tangga ini juga bisa menjadi rupiah. Imbauan dan ajakan tersebut disampaikan Ny Harifah disela-sela peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kecamatan Tamalanrea, Minggu (21/2/2016).

Dijelaskannya, mekanisme bank sampah, tidak terlalu rumit. Pengurus bank sampah biasanya menentukan hari-hari dimana nasabah bisa menabung. Pada hari itu, nasabah bisa datang menyetor sampah yang sudah dipilah-pilah berdasarkan bahan baku dan jenis (seperti plastik, kardus, kertas koran, dan lain-lain).

Sampah akan ditimbang dan dicatat berdasarkan jenis bahan baku. Kemudian, pengurus akan menulis nilai nominal sampah tersebut di buku tabungan. Nilai yang tertera di buku tabungan disesuaikan dengan harga pasar yang berlaku saat itu. Pasalnya, harga pasar bahan baku sangat fluktuatif.

Jika sewaktu-waktu nasabah memerlukan uang, mereka dapat mencairkan dana di buku tabungan tersebut. Jadi selain baik bagi lingkungan, program ini juga baik bagi keuangan keluarga. (edi/lpt8)