Sejuta Harapan di Tahun Monyet Api

Tampak pengurus Klenteng Kwang Kong melakukan prosesi sembayang jelang pukul 24.00 dini hari . Kegiatan tersebut disaksikan sejumlah warga terutama yang berdomisili di sekitar jalan Sulawesi.

LIPUTAN8.COM – Sejuta harapan terlontar dari mulut warga Tionghoa saat perayaan tahun baru Imlek, Senin (08/02/2016). Mereka percaya di tahun monyet api ini akan membawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi kehidupan mereka.

Menurut salah seorang pengunjung Klenteng Kwan Kong, Frans mengatakan, banyak harapan yang ditaruhnya di tahun monyet api ini. Namun dia berharap di tahun ini kebaikan dan keberuntungan selalu menempel pada hidupnya.

“Kalau bisa tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemarin. Dan untuk Indonesia bisa terus maju,” kata dia.

Ketua Yayasan Klenteng Kwan Kong, Kusdiagung Gozal mengatakan, tahun Monyet Api melambangkan keberuntungan bagi mereka yang percaya.

“Monyet dianggap sebagai hewan yang lincah dalam bergerak ke mana-mana,” katanya.

Ia menuturkan, perayaan Imlek memberikan keberuntungan kepada mereka yang mempercayainya karena monyet dianggap sebagai hewan pekerja keras, lincah dan pandai.

“Oleh karena itu kalau ada anak yang lahir pada tahun ini akan sangat bagus karena memiliki sifat pekerja keras dan sebagainya yang menguntungkan,” tutur Robby.

Hasil pantauan Liputan8.com, Senin (08/02/2016) dini hari, sejumlah warga Tionghoa yang berdomisili di Kota Makassar ramai-ramai melakukan ritual sembahyang kepada Dewa. Silih berganti, mereka datang membakar dupa dan berdoa di depan patung Dewa Kwan Kong. (aco/fma)