TP4D akan Kawal SKPD

96
sosialisasi pengawalan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) di Baruga Anging Mammiri, Kamis(4/2/2016).

LIPUTAN8.COM – Kepala SKPD lingkup Pemkot Makassar mengikuti sosialisasi pengawalan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) di Baruga Anging Mammiri, Kamis(4/2/2016).

Menurut Asisten Intelejen Kejaksaan Tinggi Sulsel H. Marang, SH., MH, TP4D bertugas mendampingi dan mengawal serta mendukung jalannya pemerintahan dan pembangunan daerah termasuk mengawal anggaran 2 miliar per kelurahan yang akan dikucurkan tahun ini.

“Kita akan melakukan pendampingan dan pengawalan kepada SKPD. Ini merupakan pencegahan lebih awal jangan sampai terjadi tindak korupsi. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ucapnya saat memberi penyuluhan di depan puluhan kepala SKPD yang didampingi langsung wali kota Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto dan Sekda Ibrahim Saleh.

Senada dengan hal itu kepala kejaksaan negeri Makassar Deddy Suwardy juga mengungkapkan bahwa pihaknya senantiasa akan memberi penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, BUMD serta pihak terkait.

“Pelanggaran hukum itu ada dua, karena ada niat dan adanya ketidaktahuan. Ini yang perlu kita kasi tahu bahwa ini yang salah, jangan begitu,” terangnya.

Jika sudah ditegur ternyata yang bersangkutan masih juga melanggar maka menurut Deddy inilah yang perlu ditindak.

Dengan demikian Ia berharap tidak ada lagi kepala SKPD yang takut menggunakan anggarannya.

Wali kota Danny Pomanto sangat mengapresiasi dibentuknya TP4D tersebut. Ia berharap, agar kepala SKPD-nya terus membangun komunikasi dengan tim yang dibentuk berdasarkan instruksi presiden tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi ini.

“Jadi jangan lagi ada main-main soal anggaran. Lakukan terus konsolidasi, bikin scedhule kegiatan, tanyakan setiap keragu-raguan dan jangan bikin fatwa sendiri soal anggaran karena ini terkait hukum,” tegasnya. (hsp/fma)