Rappocini Terapkan Kontainer Sampah ‘Siluman’

LIPUTAN8.COM – Pemerintah Kecamatan Rappocini menerapkan sistem kontainer “siluman” penampung sampah di wilayah setempat. Hal ini agar mencegah sampah berserakan di jalan yang dapat menimbulkan ketidakindahan dan ketidaknyamanan warga.

Penerapan sistem ini mendapat respon positif dari Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Diharapkan, sistem ini dapat diberlakukan di setiap kecamatan dan kelurahan lainnya.

Camat Rappocini, Hamri Haiya, mengatakan sistem kontainer sampah siluman ini untuk mencegah tumpukan sampah pada siang hari. Selain itu, mengantisipasi meluapnya sampah warga ke jalanan.

“Sistem ini sudah kami terapkan sejak dua bulan lalu. Jadi, tak ada lagi kontainer sampah yang berlabuh lama,” kata Hamri, Selasa (2/2/2016).

Dia mengatakan sistem operasional kontainer siluman ini terhubung dengan Fukuda. Penerapan sistem ini untuk mendukung Makassar Tidak Rantasa (MTR).

“Jadwal pembuangan sampah diatur dari proses pengumpulan sampah warga sampai ke kontainer. Dan, proses ini bisa berjalan tertib dan hasilnya memuaskan,” terangnya.

Produksi sampah di 10 kelurahan yang berpenduduk 197.000 jiwa (48.000 kepala keluarga) di Kecamatan Rappocini ini setiap hari sekitar 250 meter kubik. Pengangkutan sampah tersebut dilayani 13 unit armada Tangkasaki, 13 dibantu 7 Drump Truk.

Sudah tujuh kontainer ditarik dari lokasi terminal pengangkutan sampah dan terkoneksi dalam sistem tersebut. Dalam waktu dekat akan menyusul tiga kontainer.(lpt8)