Lima Warga di Pangkep Terserang Rabies Akibat Gigitan Anjing Gila

LIPUTAN8.COM – Setidaknya lima warga di Kabupaten Pangkep mengalami gejala rabies usai digigit anjing gila. Para korban kini tengah menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit.

Empat korban dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pangkep. mereka adalah Paharuddin (54) asal Pulau Kulambing mengalami gigitan pada perut sebelah kanan, Firdaus (70) warga Kecamatan Pangkajene mengalami luka pada daerah gluteus atau pantat, Abdi (24) warga Bontoa Kalabirang luka pada lengan bawah tangan kiri, dan Musdalifa (14) warga Kecamatan Bungoro luka pada tumit kiri.

Sementara, satu korban lainnya yakni Badania (50) mengalami luka gigitan pada bagian wajah pipi mulut dan kelopak mata. Warga Bungoro ini terpaksa dirujuk ke Rumah sakit Wahidin Sudirohusodo untuk mendapatkan perawatan.

Kepala Bidang Rekam Medik Penguasaan dan Pengendalian RSUD Pangkep, Mansur, mengatakan para korban dirawat sejak 28 Januari kemarin. Satu korban dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo karena mengalami luka yang cukup serius.

Selama dalam perawatan, para korban anjing gila mendapat penanganan berupa membersihkan luka, pemberian injeksi tetanus toksoit dan injeksi veroraf kiri kanan. “Kemungkinan perubahan cuaca tak menentu mengakibatkan anjing mengalami sakit kepala dan mengamuk,” kata Mansur.

“Virus rabies itu mudah berpindah. Sehingga, dapat berpindah ke anjing peliharaan dan anjing tetang,” tambahnya.(lpt8)