Sistem Jemput Sampah di Makassar Diubah

LIPUTAN8.COM – Pola pengangkutan sampah yang ada di Kota Makassar berubah. Sebelumnya, truk pengangkut sama milik pemerintah kota setempat mengangkut sampah dari kontainer, kini langsung dijemput di rumah warga.

Camat Rappocini, Hamri Haiya, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan setiap sore hingga malam, sampah milik masyarakat dijemput langsung menggunakan Fukuda. Selanjutnya, ke truk pengangkut sampah Tangkasaki.

“Kalau sekarang ini sudah merubah pola penjemputan sampah, tidak harus di kontainer. Tapi kita sudah merubah sistem penjemputan dilakukan ke rumah masyarakat menggunakan Fukuda,” kata Hamri, Kamis (28/1/2016).

“Fukuda menyambung ke truk sampah Tangkasaki yang sudah disiapkan. Setelah itu, barulah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” tambahnya.

Setiap hari truk sampah secara rutin menjemput sampah milik warga. Hal ini dilakukan agar sampah warga tidak menumpuk yang dapat berakibat pada kejorokan daerah.

“Mobil Tangkasai ini dilengkapi dengan pengeras suara yang memutar lagu-lagu tentang kebersihan bahkan sekali kali berteriak meminta sampah,” ucapnya.(lpt8)