Cegah DBD, Dinkes Sosilaisasi Pola 3M

LIPUTAN8.COM — Memasuki musim penghujan, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang warga.

Dinas Kesehatan Kota Makassar, mengingatkan warga kota untuk memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar rumahnya, guna mencegah berbagai macam penyakit, terutama penyakit malaria dan demam berdarah (DBD).

“Curah hujan sangat tinggi, menimbulkan banyak genangan air di berbagai tempat. Selokan air, tempat penampungan air, barang-barang bekas, maupun sampah yang dapat menampung air, berpotensi menjadi awal penularan penyakit malaria dan DBD,” ungkap Kepala Diskes Kota Makassar, Naisyah T Azikin, Kamis (21/1).

Naisyah menambahkan, Dinas Kesehatan sudah seringkali mensosialisasikan kepada warga kota untuk mencegah DBD dengan menguras, menutup, mengubur, dan mencegah (3M) perkembangan nyamuk malaria dan DBD, dan penularan penyakit melalui kelambu atau obat nyamuk.

“Masih ada warga kurang memerhatikan kesehatan lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, lalu tidak membersihkan lingkungan sekitar, seperti mengubur, menimbun sampah kaleng maupun plastik yang dapat menjadi penampung air,” katanya.

Lebih jauh, kata Naisyah, pihaknya telah menyiagakan seluruh puskesmas, termasuk rumah sakit pemerintah yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk setiap penyakit yang mewabah.

Adapun jumlah penderita DBD hingga Januari kurang lebih 30 orang penderita yang tersebar di berbagai rumah sakit. Diperkirakan penderita akan terus bertambah.

“Dibanding tahun lalu pada bulan yang sama tercatat hanya 10 kasus. Kita masih tunggu laporan dari pihak puskesmas hingga akhir bulan ini. Kasus penderita DBD yang dicatat sementara yang suspec tidak didata tetapi perlu diwaspadai,” katanya. (ril)